KPU Batubara Gelar Simulasi Pemilu 2019

Foto: Ketua KPU Batubara M Amin Lubis SHi didampingi Komisioner lain, Bawaslu dan pimpinan stakholder Forkopimda Batubara menandatangani Deklarasi Pemilu damai 2019. (ersyah.jo)

Batubara.Ersyah.com l Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batubara menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara, Kamis (11/4) dilapangan Bola Kaki depan kantor KPU Batubara , Jln Perintis Kemerdekaan No 63 Lima Puluh.

Suasana simulasi dibuat menggambarkan saat hari pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara. Simulasi tersebut diibaratkan mulai pukul 07.00 hingga pukul 13.00.

Mulai dari bangunan dan perlengkapan Tempat Pemungutas Suara (TPS), pengantaran logistik ke TPS, pendaftaran partisipasi, pengambilan sumpah Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) oleh ketua KPPS, buka kotak suara, mulai proses pencoblosan yang dilakukan pemilih, serta proses penghitungan suara. Yang juga diikuti berbagai jenis pemilih DPT, DPTb dan DPK.

iklan

“Simulasi ini menggambarkan apa yang terjadi di lapangan nanti saat proses pungut hitung yang merupakan puncak dari seluruh  penyelenggaraan Pemilu 2019,” kata Ketua KPU Batubara M Amin Lubis SHi melalui Erwin S.Sos Devisi Teknis dan Penyelenggaraan.

Erwin mengatakan, simulasi mendukung untuk mengukur tingkat teknis yang dirancang dengan persetujuan yang ada, termasuk untuk memahami kelemahan-kelemahan yang perlu perbaiki dalam proses pemungutan dan penghitungan suara.

“Ini bagian evaluasi guna memberikan pemahaman dan penekanan kepada KPPS, PPS dan PPK terkait beberapa perubahan dalam proses pemungutan dan penghitungan suara”katanya.

Kemudian dilanjutkan dengan Sulimulasi rekapitulasi Hasil Perhitungan Suara di PPK yang dihadiri saksi Partai Politik.

Proses simulasi di TPS dan rekapitulasi ini diikuti dengan antusias para peserta yang terdiri dari Bawaslu, Saksi, PPK dan PPS se Kabupaten Batubara. Juga diikuti pimpinan stakholder Forkopimda Batubara, Bawaslu dan 16 pimpinan Partai Politik peserta Pemilu.

“Hari ini kita sudah melakukan simulasi mudah-mudahan simulasi ini bisa merepresentasikan kejadian pemungutan suara sesungguhnya di TPS”, tukas Erwin.

Pantauan dilapangan, selain simulasi pemungutan dan penghitungan suara, acara juga diisi dengan penandatanganan perjanjian Deklarasi Pemilu damai 2019. (jo)

iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *