DAERAH  

Hardiknas Dibatubara, Terapkan Teknologi Menguatkan Budaya Dan Simbol Negara

Foto: ASN Pemerintah Kabupaten Batubara saat mengikuti Hardiknas di Lapangan Bola Kaki Lima Puluh (ersyah.jo)

Batubara.Ersyah.com l Dengan tema hardiknas 2019 ‘Menguatkan pendidikan, memajukan kebudayaan’, pemerintah menekankan pendidikan menerapkan teknologi dimana saat ini generasi peserta didik didominasi generasi Z yang lebih mudah menyerap teknologi maju.

“Ini dapat diterapkan pendidik disekolah dengan sentuhan budaya Indonesia, keluarga, sekolah dan masyarakat. Para peserta didik diberi penguatan simbol simbol negara untuk membentuk rasa nasionalisme dan rasa patriot mereka”, sebut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjri Effendy pada peringatan hari pendidikan nasional (hardiknas) tahun 2019 yang dibacakan Bupati Batubara Ir H Zahir MAP di lapangan bola kaki Lima Puluh Batubara, Kamis (2/5).
Terkait pelaksanaan Pemilu yang baru terlaksana bila dilihat dari sudut pandang pendidikan, Pemilu harus jadi pembelajaran bagi setiap warga negara Indonesia. Proses pembelajaran pada hakekatnya adalah momentum perobahan tingkah laku menuju kedewasaan seperti dewasa dalam demokrasi.
Terbentuknya warga negara yang berdemokrasi merupakan tujuan pendidikan nasional yang berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang bertanggungjawab sesuai Pasal 13 UU 20 tahun 2003 tentang Sistim Pendidikan Nasional.
Adalah hal lumrah dalam konteks demokrasi selalu meninggalkan jejak residual yang dapat menimbulkan keretakan bahkan perpecahan. Dalam momentum seperti ini tanggungjawab nasional kita dipertaruhkan menjaga aset vital bangsa.
Disebutkan, pendidikan merupakan salah satu prioritas utama pemerintah dimana anggaran pendidikan nasional sekitar 63% dikelola oleh Pemerintah daerah. Karenanya diingatkan agar Pemerintah daerah mengambil peran lebih aktif memanfaatkan dana APBN baik melalui DAU maupun DAK sebagai program prioritas.
Turut hadir pada acara tersebut Wakil Bupati Batubara Oky Iqbal Frima, mewakili Ketua DPRD Batubara, Sekdakab Sakti Alam, Wakapolres Batubara Kompol Herwansyah Putra, Kajari Batubara Mulyadi Sajaen, mewakili Dandim 0208 Asahan, mewakili Danlantamal, OPD dan ASN jajaran Pemkab Batubara serta siswa-siswi SMP/SMA sederajat.(jo)

iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *