DAERAH  

7 Kadus Diganti, Diduga Kepentingan Pilkades

Foto: Plang Kantor Balai Desa Mangkai Baru Kecamatan Lima Puluh (ersyah.ist)

Batubara.Ersyah.com l Pj Kades Mangkai Baru Kecamatan Lima Puluh Kabupaten Batubara, yang baru 2 bulan menjabat terkesan membuat suasana resah masyarakat setempat.

Pasalnya, Yuswardi (Pj Kades) sudah mengganti dan melantik 7 Kepala Dusun desa setempat yang baru untuk menggantikan Kadus lama.

iklan

iklan

Informasi yang dihimpun wartawan, Senin (15/7), pergantian itu menimbulkan polemik. Anehnya, 7 Kadus yang menjabat selama ini tidak diberitahu perihal penggantian mereka.

iklan

Kadus 5 Sunaryo (67) dan Kadus 1  Sakim (70) ketika dikonfirmasi tidak mengetahui persis penggantian mereka sebagai Kadus.

Namun Sakim mengaku hari ini ketika hendak mengurus keperluan warga ke Disdukcapil Batubara sempat kaget ketika pegawai Disdukcapil menanyakan legalitasnya.  “Bapak Kadus lama atau baru ?”, ujar Sakim menerikan bahasa pegawai Disdukcapil.

Menurut pengakuan Sunaryo semenjak Yuswardi menjabat sebagai Pj Kades bulan Ramadhan lalu selalu mengucapkan akan mengganti seluruh Kadus.

Memang penggantian Kadus diakui Sunaryo dan Sakim merupakan hak Kades. Tapi mereka menyesalkan karena penggantian mereka diduga tidak melalui prosedur.

Bahkan salah seorang warga yang minta jatidirinya dirahasiakan menyesalkan kebijakan Pj. Kades yang dinilai kurang etis.

Apalagi Desa Mangkai Baru tahun ini juga akan menyelenggarakan Pilkades. Warga menduga pergantian Kadus secara mendadak terkait suksesi Pilkades nantinya.

” Mungkin ada pihak yang ingin berpartisipasi dalam Pilkades menganggap 7 Kadus yang ada merupakan orangnya mantan Kades Sugiyanti yang dikhabarkan akan ikut Pilkades. Diduga untuk menghilangkan pengaruh mantan Kades tersebut para Kadus mendadak diganti”, ujar warga lain menimpali.

Pj Kades Yuswardi ketika hendak dikonfirmasi di kantor Desa Mangkai Baru dikatakan telah pulang ke rumahnya di Dusun VI. Namun ketika hendak ditemui dirumahnya, seorang perempuan muncul dan mengatakan Bapak belum pulang.(zo)

iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *