Desa Mangkai Lama Prioritas DD Membangun Dusun

Foto: Pj Kades Mangkai Lama Kecamatan Lima Puluh Kota, Sugiono saat meninjau pengerjaran drainase. (ersyah.zo)
iklan

Batubara.Ersyah.com l Kalangan perangkat Desa Mangkai Lama Kecamatan Lima Puluh Kota Kabupaten Batubara memanfaatkan dana desa (DD) untuk membangun drainase sepanjang 245 meter.

“Program pembangunan drainase ini laksanakan untuk membawa manfaat dirasakan warga desa, kami bangun dari DD tahap pertama tahun 2019,” kata Pj Kades Mangkai Lama Sugiono, AMaPd, Kamis (25/7).

Menurutnya, semua program perencanaan pembangunan melalui rembug desa akhirnya dituangkan pada APBDes 2019.Pmbangunan Bahkan dalam setiap kegiatan melibatkan warga setempat sebagai pekerjanya.

iklan

Pembangunan drainase sepanjang itu jika dilakukan rekanan diperkirakan akan menelan dana lebih dari Rp 200 juta.

“Dusun IV selama ini apabila musim hujan turun dapat dipastikan kawasan tersebut tergenang air, warga menyambut baik atas terealisasinya bangunan”,ujarnya.

Dia juga mengatakan, Desa Mangkai Lama tahun ini ada 12 item kegiatan bangun, seperti jalan, jembatan, pos kamling, dan drainase. “Kesemuanya kesepakatan rembug desa yang tertuang di APBDes. Dana Desa ini kita prioritas membangun dusun”,jawab Kades.

Anto warga Dusun IV, berterima kasih kepada pemerintah desa yang telah membuat drainase, sehingga bila hujan turun air tidak lagi tergenang di pemukiman warga.

“Selama ini bila turun hujan halaman rumah becek namun setelah dibuat drainase air hujan langsung mengalir”, aku Anto.

“Kebijakan ini tentu berefek ganda selain memberi penghasilan kepada warga yang bekerja tentu mereka akan melakukan pekerjaan dengan baik sebab manfaat bagi warga”, terangnya.

Informasi diterima wartawan dikantornya Balai Desa Mangkai Lama, pengerjaan saluran drainase bersumber dari DD tahap pertama dengan anggaran Rp. 96.140.000. Progres pengerjaan sudah mencapai 80%. (zo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

iklan