Pilkades Serentak Batubara Digelar Sistem Manual Akhir Oktober 2019

Foto: Kepala BPMPD Batubara Muhammad Nasir S Sos (ersyah.zo)
iklan

Batubara.Ersyah.com l Pemkab Batubara sudah menyusun agenda sehingga pesta demokrasi masyarakat ditingkat desa, Pilkades serentak di Kabupaten Batubara tidak lama lagi bakal digelar.

Bupati Batubara Ir  Zahir MAP melalui Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (Ka.BPMPD) Batubara Muhammad Nasir, S Sos, Senin (29/7) mengatakan pilkades serentak dilaksanakan akhir Oktober mendatang menggunakan sistem manual (coblos).

“Ada 109 desa se Kabupaten Batubara akan digelar,  setelah pelantik Presiden dan Wakil Presiden RI (Joko Widodo – KH Ma’ruf Amin). Diperkirakan akhir Oktober 2019 mendatang dengan sistem manual. Soal penetapan hari dan tanggal masih menunggu petunjuk pak Bupati”,kata Nasir.

iklan

Menjawab rencana sebelumnya dimana pemilihan menggunakan sistem E-Votting, menurut Nasir sistem elektronik ini gagal dilaksanakan sebab akan berdampak berbagai kendala seperti akan menyita waktu untuk sosialisasi kepada petugas maupun kepada masyarakat. Begitu pula tentang pendanaannya.

“Pelaksaan secara manual maka diperkirakan hanya menelan biaya sekitar Rp 3,6 miliar di 109 desa yang akan digelar. Kalau sistem E-Votting maka akan menghabiskan dana jauh lebih besar”, terangnya.

Muhammad Nasir mengharapkan Pilkades serentak nantinya bisa berjalan kondusif serta melahirkan pimpinan desa yang amanah. Menjadi ujung tombak dalam upaya mewujudkan visi misi pembangunan serta program kerja Bupati dan Wakil bupati Zahir-Oky. (zo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

iklan