APBD- P Diketok, Pilkades 109 Desa Batubara Digelar November 2019

Foto: Para pimpinan Stakeholder Pemkab Batubara saat mengikuti rapat persiapan pelaksanaan Pilkades serentak di Aula Kantor Bupati Batubara, Kecamatan Lima Puluh. (ersyah.zo)
iklan

Batubara.Ersyah.com l Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Batubara Mhd.  Nasir, S.Sos memastikan penyelenggaraan Pilkades serentak di 109 desa se Kabupaten Batubara digelar antara tanggal 14 atau 17 November 2019.

“Tanggal yang telah direncanakan tersebut masih harus menunggu penetapan dari Bupati Batubara”,katanya pada rapat persiapan pelaksanaan Pilkades, Rabu (28/8) di Aula Kantor Bupati Batubara, Kecamatan Lima Puluh.

Terkait tahapan yang akan dilaksanakan, menurut Nasir juga masih akan menunggu penetapan tanggal dari Bupati.

iklan

“Tahapan seperti kapan pendaftaran dimulai, kita menunggu Bupati. Setelah tanggal itu dipastikan, baru kita mulai tahapan. Pertama akan kita sosialisasikan dulu kepada masyarakat,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui Pilkades serentak di Kabupaten Batubara nyaris gagal karena paripurna penetapan P-APBD Batubara sebelumnya batal digelar. Batal paripurna akibat kehadiran anggota dewan hanya 17 orang dari 35 anggota DPRD Batubara.

Kegagalan menjadi pembicaraan hangat dikalangan masyarakat bahkan hingga di media sosial.

Pemerhati Sosial Masyarakat Kamaluddin mengapresiasi DPRD Batubara yang mengsahkan Ranperda P-APBD Batubara tahun 2019 menjadi Perada pada rapat paripurna DPRD Batubara.

“Kita berterima kasih sebab 109 Desa di Kabupaten Batubara dipastikan akan menggelar Pemilihan Kepala Desa (pilkades) secara serentak, yang direncanakan digelar bulan November 2019,”katanya.

“Terlaksana Pilkades setentak maka akan terpilih Kades devinitif yang dinominasi calon setempat. Ini berdampak percepatan pelayanan terhadap masyarakat. Tidak seperti Pejabat Kades yang harus membagi waktu karena rangkap jabatan,” tukasnya Pemerhati Sosial Masyarakat, Kamaluddin.(zo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

iklan