Inalum Berdayakan Perajin Ulos Ramah Lingkungan

Foto: Menagemen Inalum melihat para perajin ulos (ersyah.zo)

Batubara.Ersyah.com l Melalui program pemberdayaan, pengrajin tenun khas Dairi di Kecamatan Silahisabungan, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara,  PT Inalum (Persero) menyentuh perajin ulos ramah lingkungan.

“Program ini dilaksanakan untuk menciptakan produk lokal berkualitas internasional dan mendukung kampanye pelestarian alam,” tulis Plh Manager Pemberdayaan Masyarakat PT Inalum Irwan Trianto melalui press release diterima Wartawan, Rabu (4/9).

iklan

iklan

Dijelaskan, pembuatan kain ulos memanfaatkan dan mendaur ulang limbah yang dapat disulap menjadi produk bernilai ekonomi yang mampu meningkatkan perekonomian masyarakat di Kabupaten Dairi, khususnya di Desa Silalahi 1 dan sekitarnya.

iklan

“Kami harapkan melalui program ini dapat mencapai peningkatan pendapatan pengrajin ulos, bahkan adanya souvenir baru dapat diunggulkan Inalum bernuansa ulos Dairi, terciptanya produk Eco Design yang berkualitas dan bercorak ulos Dairi. Selain itu penjualan produk sampai ke luar daerah dan mancanegara, dan Desa Wisata,”harapnya.

Pada Senin (2/9), Menagemen Inalum di Balai Desa Silalahi 1, Kecamatan Silahisabungan, Kabupaten Dairi, membuka pemberdayaan pengrajin tenun khas Dairi denga tema “Kain Tenun Ulos Lokal Dairi yang Ramah Lingkungan”.

Acara dibuka Plh. Manager Pemberdayaan Masyarakat Inalum Irwan Trianto, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu dan pejabat instansi terkait Pemkab Dairi.

Perayaan pengrajin ulos ini berlangsung empat tahapan, (1) pengenalan masyarakat penenun, motivasi usaha, review dasar menenun, dan pengenalan eco fashion, (2) transisi dari zona nyaman ke pembuatan produk baru yang lebih potensial dan berkualitas, (3) penenun sudah mampu dan percaya diri dalam menciptakan produk yang berkualitas dapat dipasaran dan dipamerkan dalam skala Nasional, (4) penenun sudah merasakan peningkatan pendapatan dan mampu melakukan diversifikasi produk yang lebih fashionable dan diterima di luar daerah bahkan sampai ke Mancanegara.

Dalam kesempatan itu Irwan Trianto mengajak segenap masyarakat di Kecamatan SIlahisabungan untuk menciptakan gerakan menanam pohon dan sadar akan pentingnya pelestarian alam di sekitar Danau Toba ini.

“Keberlangsungan Inalum tergantung pada Debit Air Danau Toba, mari terus kita jaga kelestariannya,”pintanya.(zo)

iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *