Bupati: Kerukunan Multi Etnis Batubara Harus Dipertahankan

Foto: Mewakili pimpinan Forkopimda Kabupaten Batubara, Pabung Kodim 0208 Asahan Mayor M Manurung, Ka Kemenag Batubara H Ahmad Sofiyan MA, Kapolres Batubara AKBP Robinson Simatupang SH MHum, Asisten l Pemkab Batubara Iskandar SH.(ersyah.zo)

Batubara.Ersyah.com l Bupati Batubara Ir Zahir MAP melalui Asisten I Setdakab Iskandar, SH membuka secara resmi Dialog Multikultural, Kamis (26/9) di Aula MTs Negeri Lima Puluh Kabupaten Batubara.

Kegiatan yang mengakat Tema ” Merajut Multikultural Membangun Batubara Unggul dan Bermartabat”, dihadiri perwakilan unsure Forkopimda dan multi etnis.

iklan

iklan

“Kebhinekaan, multi etnis, multi kultural sudah ada sejak zaman Kerajaan Majapahit, begitu juga di Kabupaten Batubara. Karena itu diharapkan kerukunan umat beragama yang telah terjalin baik selama ini harus terus dipertahankan,”katanya.

iklan

Bupati juga mengucapkan  terima kasih atas gagasan positif yang dilaksanakan, dengan tujua semoga di Batubara aman dan kondusif.

Sementara itu, Kapolres Batubara AKBP Robinson Simatupang, SH MHum  memberikan paparan tentang pentingnya menjalin kerukunan antar sesama.

Didalam undang – undang telah diatur tentang persamaan hak dan perbedaan untuk keyakinan juga dilindungi oleh negara.  Kesemuanya  dirangkum didalam Pancasila Sila Pertama, Ketuhanan Yang Maha Esa”, papar Simatupang.

Dengan adanya dialog Multikultural dapat menciptakan Kamtibmas di Batubara kondusif dalam menjalin Kerukunan adalah kunci kedamaian,

DR Arifin Syah  selaku narasumber dialog Multikultural mengatakan, pentingnya kita saling menjaga keberagaman antar ummat beragama dan suku.

“Kunci kita sebagai hamba Allah yang hidup berdampingan harus rukun. Kabupaten Batubara ini bukan milik suatu golongan, bukan milik suatu agama, bukan milik suatu suku, bukan milik suatu adat istiadat. Tetapi milik kita semua, bersama kita bisa, meski tidak sama,” ucap Arifin.

Amatan Wartawan kegiatan berlangsung dari pagi hingga sore yang dihiyasi dengan berbagai pertanyaan. (zo)

iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *