Jadikan Sekolah di Batubara Studi Banding Mitra Tanoto

Foto: Plt Kadis Pendidikan Kabupaten Batubara Ilyas Sitorus saat mendampingi Tim Tanoto Foundation dimotori Stuart Weston mengunjungi beberapa sekolah mitra kerja Tanoto Foundation.(ersyah.zo)

Batubara.Ersyah.com l Satu tahun Tanoto Foundation melakukan pendampingan di Kabupaten Batubara terhadap Modul 1, Stuart Weston Technical Adviser Basic Education , melakukan kunjungan melihat langsung proses pembelajaran di SDN 013871 Sei Suka dan SMP Negeri 1 Sei Suka di Kabupaten Batubara.

“Tim melihat implementasi hasil pelatihan Program PINTAR yang di lakukan guru kepada peserta didiknya. Sudah sejauh mana Penerapan konsep MIKIR ( mengalami, Komunikasi dan Interaksi serta Refleksi ) dalam penyampaian materi yang diajarkan kepada peserta didiknya,”kata Plt Kadis Pendidikan Kabupaten Batubara Ilyas Sitorus disela sela mendampingi Tim Tanoto Foundation di SD Negeri 013871 Sei Suka, (8/11).

iklan

iklan

Dikatakan, kunjungan melihat pengaturan tempat duduk harus memperhatikan mobilitas interaksi akses dan mobilitas, apresiasi sumber belajar, umpan balik, komunikasi.

iklan

Disamping itu kunjungan juga dilakukan interaksi antara guru dan siswa tentang proses pembelajaran yang sedang berlangsung. Tim Tanoto Foundation di motori Stuart Weston melihat kinerja Kepala sekolah dalam penerapan MBS, Seperti paguyuban klas SMP dan pembangunan Mushola di SD beserta peran masyarakat.

“Kita yakin sekolah yang ada di Kabupaten Batubara bisa maju sesuai dengan visi dan misi pemerintahan Bupati Ir Zahir MAP dan Oky Iqbal Frima SE,”kata Ilyas Sitorus.

Selain Plt Kadisdik dan Tim Tanoto Foundation dari Stuart Weston Technical Adviser Basic Education, Yusri Nasution. Kegiatan juga diikuti Provincial Coordinator Sumut Tarwiyah, Training Spesialist Bobby Widanto, District Coordinator, Kepala SDN 013871 Sei Suka Sri Siswati, Ka. SMPN 1 Sei Suka Sugito. Staf Direktorat Pembinaan Sekokah Dasar Kemendikbud RI, Erni Malik dan Franky.

Sementara itu Yusri Nasution, selaku Provincial Coordinator Sumut dan Bobby Widanto, selaku District Coordinator kunjungan ke sekolah menjadi acuan bagi tim Tanoto Foundation dalam menentukan standar kualitas programprogramdan yang menjadikan sekolah di  Batubara menjadi lokasi studi banding bagi Kabupaten baru  menjadi Mitra Tanoto.

“Saya atas nama tim sangat senang dan berterima kasih kepada semua pihak yang ikut dalam menyukseskan program ini dinas pendidikan, pengawas, kepala sekokah, guru dan orangtua serta siswa. Selaku Mitra Tanoto Foundation, saya melihat interaksi antara siswa aktif dan guru begitu menyenangkan dan hasil karya siswa – siswa dan ini sangat menyenangkan,”ujar Stuart Weston selaku Technical Adviser Basic Education.

Menurutnya, setelah melihat implementasi hasil pelatihan Tanoto Foundation berikan Program PINTAR nya, para guru yang penerapan konsef MIKIR dalam penyampaian materi yang diajarkan kepada siswa termasuk pengaturan tempat duduk sudah memperhatikan MIA dan klas MASUK ini sangat membaik.

“Kami melihat program kerja kepada sekolah dalam peneraban MBS semua sangat membanggakan, kedepan sekolah-sekolah Mitra di Batubara ini akan dijadikan sebagai tempat belajar mitra-mitra baru Tanoto Foundation,”tukas Stuart.(zo)

iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *