Zahir Kunjungi Desa Sumber Padi Perajin UMKM

iklan

Foto: Bupati Batubara Ir Zahir MAP melihat perajin Kerupuk Desa Sumber Padi Kecamatan Lima Puluh.(ersyah.zo)

Batubara.Ersyah.com l Bupati Batubara Ir H Zahir M.AP didampingi Kadis PMD, Radiansyah S Sos , dan Camat Lima Puluh Andri mengunjungi Desa Sumber Padi Kecamatan Lima Puluh, Minggu (10/11).

iklan

Kunjungan Bupati bersama tim melihat desa percontohan UP2K,  inovasi TP PKK Desa Sumber Padi dan kelompok masyarakat pembuatan, kursi dari limbah ban dan Paping blok dari Bank Sampah Plastik yang sulit di hancurkan.

Produksi usaha rumahan dikelola ‘Kelompok Maju Bersama’ ini usaha masyarakat diketuai Darwis Tanjung.

Dari situ Bupati dan rombongan meninjau usaha jajanan/makanan ringan berupa roti, kue dan sejenisnya yang masih dalam desa yang sama dan tidak jauh dari lokasi Gerai Bank Sampah.

Bupati Zahir berjanji akan memberikan dukungan untuk pengembangan usaha masyarakat dan mendorong hasil dari  jajanan atau makanan ringan maupun karya tangan yang menghasilkan paping blok dan lainnya ini nantinya bisa kerjasamakan dengan usaha lainnya di Batubara seperti indomaret, alfamedi SPBU dan tempat strategis yang memiliki tempat penitipan penjualan makanan ringan atau jajanan melalui bantuan dinas terkait.

“Ini usaha bagus untuk mengangkat perekonomian masyarakat, saya akan coba bantu melalui instansi terkait,”ujar Zahir.

Yusniar selaku Pengrajin UMKM pembuat rengginang  mengatakan saat ini ada 9 orang tenaga kerja yang ia pakai untuk membuat  beberapa varian rasa rengginang yang di produksi, seperti buah naga, pandan, bon cabe, rasa udang, rasa bumbu peyek, rasa orisinal. Singkong, manggleng ( ubi di kukus dan di beri rasa ), kelantik dan opak.

“Usaha ini dikelola sejak tahun 2017, dan seharinya bisa mencapai 100 kg,”ujarnya. (zo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

iklan