2020 Penerima PKH Batubara 20.880 KK

Foto: Stiker Dinas Sosial yang akan di pasang dirumah penerima PKH se Kabupaten Batubara.(ersyah.ist)

BATU BARA. Ersyah.com l Dinas Sosial Kabupaten Batubara mencatat pada tahun 2020 yang masuk sebagai penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), untuk tahap satu sebanyak 20.880 Kepala Keluarga (KK). Jika dibandingkan pada tahun 2019 tahap satu penerima PKH 24.268 KK.

“Dalam jarak satu tahun terjadi pengurangan penerima manfaat bantuan PKH sebesar 3.388 Keluarga Penerima Manfaat (KPM),”kata Mukhrijal Arif menjawab Ersyah.com, Kamis (27/2) dirungannya kerjanya.

Dikatakan, pengurangan dilakukan karena ada beberap alasan dari kriteria yang berhak menerima manfaat bantuan PKH,  seperti mengundurkan diri, evaluasi tingkat kesejahteraannya berdasarkan data terpadu  kesejahteraan sosial yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS).

iklan

Sementara itu Kadis Sosial Ishak Liza SPd, MSi menjelaskan masyarakat yang berhak menerima manfaat bantuan PKH adalah warga miskin yang tercatat di Data Terpadu Kesejahteraan Soaial (DTKS). Terdiri dari beberapa komponen yaitu, ibu hamil, balita, anak sekolah (SD, SMP, SMA), lansia yang berumur 70 tahun keatas, dan orang cacat (disabilitas).

“Jika ada warga mampu yang menerima bantuan tersebut akan dicoret dari daftar penerima manfaat bantuan PKH. Itu nanti akan terlihat jelas pada dinding rumah yang ditempelkan plat/stiker yang bertuliskan keluarga miskin penerima manfaat bantuan ‘Sosial’,”katanya.

Menurut Ishak, pemasangan itu dilakukan SDM pendamping PKH secara serentak se Kabupaten Batubara pada Senin 2 Maret 2020 nanti.

Menjawab Ersyah.com terkait jumlah pendamping, Mukhrijal Arif selaku Koordinator Kabupaten (KORKAB) PKH Batubara, untuk pendamping PKH saat ini berjumlah sebanyak 53 orang, 1 kordinator, 4 operator, 48 pendamping. Kemudian ditambah pendamping baru 21 orang yang direkrut melalui website Kementrian Sosial bulan Desember 2019 lalu.

“Jadi total keseluruhan jumlah pendamping PKH secara Batubara 74 orang,”terangnya.

Ia juga mengatakan bahwa Jum’at (28/2), Dinas Sosial akan melakukan kegiatan ceremoni di Pagurawan, dan pemberian plat/stiker yang bertuliskan keluarga miskin penerima manfaat bantuan SOSIAL kepada pendamping SDM PKH.

“Kegiatan ceremony pembagian plat/stiker penerima bantuan PKH di aula kelurahan/desa Pagurawan Kecamatan Medang Deras,”jelas Arif.(mff)

iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *