Rakornas Landasan Kebijakan Pembangunan Kebudayaan Daerah

Foto: Kadisdik Batubara Ilyas S Sitorus, Mendikbud Nadiem Anwar Makarim foto bersama disela sela pembukaan Rakornas.(ersyah.ist)

BATU BARA. Ersyah.com l Bupati melalui Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Batubara Ilyas Sitorus mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang Kebudayaan yang digelar

Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, selama tiga hari, sejak Rabu 26 – 29 February 2020, di Grand Sahid Jaya Jakarta.

iklan

iklan

“Rakornas Bidang Kebudayaan ini diikuti dan dihadiri dinas yang menangani atau yang membidangi kebudayaan tingkat Provinsi dan Kabupaten Kota seluruh Indonesia berjumlah 1.023 orang,”tulis Ilyas Sitorus melalui pesan Whatsappnya yang diterima wartawan, Kamis (27/2).

iklan

Dikatakan, sebagai informasi pokok pikiran Kebudayaan Daerah (PPKD) kabupaten/kota adalah dokumen yang memuat kondisi faktual dan permasalahan yang dihadapi daerah dalam upaya pemajuan kebudayaan beserta usulan penyelesaiannya.

“Rakornas PPKD Kabupaten/Kota ini merupakan landasan kebijakan pembangunan Kebudayaan di daerah,”tulisnya.

Ilyas, pertemuan dengan jajaran kepala dinas yang membidangi kebudayaan ini bertujuan untuk mengintegrasikan alur perencanaan kebudayaan dari tingkat daerah hingga pusat, mempercepat upaya pemajuan kebudayaan di daerah. Membentuk kesepahaman antara pemerintah pusat, daerah mengenai arah pemajuan kebudayaan 5 tahun ke depan.

Terwujud sinkronisasi perencanaan dan aksi pemajuan kebudayaan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

“Rakor juga diharapkan dapat menjadi ajang musyawarah untuk mufakat secara luas sebagai arena diskusi guna mendapatkan penyelesaian tentang permasalahan pemajuan kebudayaan di daerah,”tambanya.

Sementara itu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem Anwar Makarim mengharapkan budaya itu agar dapat mengerakkan ekonomi dan menjadi kebanggan bagi masyarakat setempat. Disamping itu juga dapat berubah paradigma kebudayaan dengan demikian kedepan perlu kerjasama dengan bidang Pariwisata.

“Ini kebaikan bagi pemerintah pusat dan daerah,”ujar Menteri.

Selain Mendikbud Nadiem Anwar Makarim, acara juga hadir Ketua Komisi X DPR RI, Dirjen Kebudayaan Kemendikbud RI, Hilman Farid dan Kepala Dinas membidangi Kebudayaan Provinsi dan Kabupaten kota seluruh indonesia, Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud, Civitas Akademisi, Asosiasi, Komunitas Budaya, perwakilan organisasi pemerhati bidang kebudayaan, Balai pelestarian cagar budaya, Balai pelestarian nilai budaya, Balai pelestarian situs manusia purba sangiran, Balai konservasi borobudur, Balai Museum se indonesia, Galeri nasional indonesia. Taman budaya serta Museum Nasional.(tim)

iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *