Bupati Minta Pendidikan Batubara Bisa Berdiri Mandiri

Foto: Bupati Batubara Ir Zahir MAP didampingi Kadisdik Ilyas S Sitorus, disatu acara pelantikan Bunda PAUD.(ersyah.ist)

BATU BARA. Ersyah.com l Bupati Batubara melalui Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Ilyas S Sitorus menyampaikan, dalam meningkatkan mutu pendidikan harus besinergi dengan lintas OPD, provinsi dan pusat. Jagan selalu berharap dengan anggaran APBD dalam meningkatkan mutu pendidikan.

“Jika bisa besinergi dengan pihak terkait, Insya Allah putra/i Kabupaten Batubara bisa mengharumkan nama daerahnya dengan bisa duduk di universitas atau bangku sekolahan ternama di Indonesia,”kata Ilyas kepada Wartawan, Senin (2/3).

iklan

iklan

Dikatakan, visi dan misi Bupati Batubara di bidang pendidikan, agar generasi muda dapat maju, berkembang dan bersaing dengan kabupaten lainnya di Sumut.

iklan

“Sesuai arahan Bupati Batubara Ir Zahir MAP agar dunia pendidikan di Batubara bisa berdiri Mandiri,”ujar Ilyas.

Menurutnya, program yang sudah dilakukan sebanyak tahun 2018 – 2019 sebanyak 56 Sekolah Dasar dan 6 Sekolah Menengah Pertama di Batubara sudah melaksanakan program PINTAR atas bantuan Tanoto Foundation. Sementara program PINTAR melalui Desiminasi tahun 2019 ada 72 SD dan 4 SMP.

“Tahun 2020 ini, Desiminasi akan menyentuh semua sekolah di kecamatan yang belum tersentuh program PINTAR Tanoto, dengan jumlah 120 SD dan 47 SMP,”terangnya.

Pengembangan Deseminasi tahun 2020 ini, kata Ilyas lagi akan menggunakan berbagai sumber dana sekolah, melalui dana BOS, menggunakan dana pribadi guru-guru (tunjangan profesi guru) maupun sumber lain atas dukungan perusahaan di Kabupaten Batubara dan APBD.

“Memang setiap kecamatan mempunyai strategi berbeda, dalam menyerap sumber dana atau mengembangkan model disiminasinya. Kebebasan ada di sekolah dalam pengelolaan sumber dananya,”tukas Kadis yang lebih kurang setahun menjabat tersebut. (tim)

iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *