Diberitakan Soal Sampah, Kades Pahlawan Blusukan Gotong Royong

Foto: Kepala Desa Pahlawan bersama Kaur dan Mahasiswa PKL Universitas Pembangunan Panca Budi Medan ikut bergotong royong.(ersyah.ist)

BATU BARA. Ersyah.com l Setelah diberitakan minimnya perhatian Kepada Desa Pahlawan Kecamatan Tanjung Tiram, Syamsul Aswin soal sampah yang berserakan di bak sampah,tampaknya disikapi Kades dengan melakukan gotong royong, Jum’at (7/3) diseputaran desanya.

Kades bersama kaur Desa Pahlawan turun membersihkan sampah di selokan kecil dan pinggir-pinggir sungai tepatnya di Pasar I Jalan Pasar Rabok.

Kepada ersyah.com, Syamsul Aswin mengatakan, soal kebersihan lingkungan sudah sering disampaikan ke perangkat desa dan sudah memberikan edaran kepada masyarakat untuk ikut melaksanakan gotong royong setiap hari Sabtu, namun tidak banyak warga yang andil untuk ikut bergotong royong bersama.

iklan

“Dalam menyikapi kebersihan lingkungan hanya sebahagian saja warga Desa

Pahlawan yang sadar akan dampak buruk dari tumpukan sampah itu. Masyarakat belum terlalu terpanggil akan kebersihan lingkungan,”kilah Kades.

Foto: Kepala Desa Pahlawan Kecamatan Tanjung Tiram Kabupaten Batubara, Syamsul Aswin.(ersyah.ist)

Menjawab wartawan terkait banyaknya sampah berserakan didekat bak sampah, menurut Syamsul Aswin yang membuang sampah ditempat itu bukan hanya warga Desa Pahlawan saja, namun juga warga desa lain juga ikut membuang sampah sembarangan ditempat tersebut.

“Walaupun sada petugas dari lingkungan hidup yang bertanggung jawab akan itu, tapi seolah olah ‘tutup mata’ akan tugasnya, dan itu dibayar 200 ribu perbulan dari uang desa,”ungkapnya.

Ia juga berjanji akan menindak lanjut kebersihan lingkungan desa yang ia pimpin pada periode keduanya ini.

“Untuk ADD tahun ini kita akan coba sisipkan untuk mempekerjakan 2 orang warga memberikan honor bulanan yang bersedia bertugas memungut sampah tiap paginya, dan kita sediakan 5 buah tong sampah tiap gang untuk sampah rumahan, dan gotong royong mingguan tetap berjalan,”sebutnya lagi.

Syamsul Aswin juga berjanji akan perdayakan becak sampah yang telah diberikan Bupati Batubara Ir Zahir MAP akhir Desember 2019 lalu, dengan tujuan daerah pedesaan bersih dari sampah.

“Untuk meminimalisir sampah, nanti seluruh dreinase itu akan kita tutup dan memberi ruang tertentu dengan jaring kawat untuk sampah, sehingga petugas dengan mudah untuk memungutnya,”janjinya.

Pantauan ersyah.com perangkat Desa Pahlawan bersama masyarakat dan mahasiswa PKL Universitas Pembangunan Panca Budi (UNPAB) Medan ikut melakukan gotong royong dengan harapan masyarakat Desa Pahlawan peduli terhadap kebersihan lingkungan. (mff)

 

iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *