Pembukaan KSN Batubara, Setiap Anak Punya Potensi

Foto: Kadisdik Batubara Ilyas S Sitorus SE MPd bersama siswa SMAN Lima Puluh.(ersyah.ist)

BATU BARA. Ersyah.com l Peserta seleksi Kompetensi Sains Nasional ( KSN ) Kabupaten Batubara diminta agar tetap menjunjung sportivitas dalam berlomba. Juara itu penting, tetapi yang lebih penting adalah menjadi yang terbaik dalam diri kita, keluarga, masyarakat, bangsa dan bernegara.

“Anak perlu perhatian, perlu pengakuan dan perlu diapresiasi, karena setiap anak punya potensi,”kata Kadisdik Batubara Ilyas S Sitorus SE MPd saat membacakan pidato tertulis Plt Kadisdik Provinsi Sumut Arsyad Lubis, pada pembukaan KSN se Kabupaten Batubara, Selasa (10/3) di Lapangan SMAN 1 Lima Puluh.

iklan

iklan

Acara turut dihadiri perwakilan Disdik Sumut Miskha Lubis, Kasi SMK Cabang Dinas Pendidikan Kisaran Abdul Khadir, pengawas Sekokah SMA/MA, Ka. SMAN 1 Lima Puluh Suaibatul Aslamiah, Ka. SMA/MA se Kabupaten Batubara serta guru pendamping peserta seleksi.

iklan

Dikatakan, setiap anak pada dasarnya memiliki potensi masing-masing. Potensi itu akan tumbuh dan berkembang dengan baik apabila digali, dibina dengan sungguh sungguh, ini adalah tugas kita bersama, baik dinas pendidikan maupun para guru sekolah.

Seleksi Kompetisi Sains Nasional ( KSN ) ini adalah kegiatan rutin yang selalu diselenggarakan setiap tahun. Bukan kegiatan musiman/dadakan karena itu, seleksi merupakan lomba yang cukup mudah diantisipasi persiapannya setiap sekolah.

“Mungkinkah salah satu anak didik kita dari Kabupaten Batubara ini mampu menjadi juara KSN ? Jawabnya ‘sangat mungkin,”sebut Ilyas bertanya.

Menurutnya Allah SWT, Tuhan YME, menganugerahkan otak yang cerdas tidak hanya kepada anak kota, tetapi juga kepada anak kita yang lahir, hidup dan dibesarkan di pedesaan seperti kita di Batubara Ini.

“Mari terus menggugah semangat peserta  dari pengalaman lomba selama ini tidak semua setiap pemenang KSN adalah anak-anak yang berasal dari perkotaan dan tidak semua anak secara fisik seperti anak kebanyakan. Berawal dari ini lah anak kita mampu membangun optimisme dan belajar sungguh sungguh, bekerja keras dan jangan lupa berdo’a,” ucap Ncekli sapaan akrab Kadisdik Batubara.

Peserta Seleksi KSN ini  diikuti 27 SMA/MA dengan perincian 22 SMA dan 5 MA, jumlah peserta seleksi 408 orang peserta didik se Kabupaten Batubara,meliputi 9 bidang seleksi keilmuan. Yaitu bidang Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/Komputer, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi.(tim)

iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *