Sesuai Intruksi Bupati, Puskesmas dan Kelurahan Sosialisasi Virus Corona

Foto: Masyarakat saat mengikuti sosialisasi dampak penularan virus corona dan meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran virus, diaula Kantor Kelurahan Labuhan Ruku Kecamatan Talawi Kabupaten Batubara.(ersyah.mff)

BATU BARA. Ersyah.com l Puskesmas Labuhan Ruku bekerjasama dengan Pemerintahan Kelurahan Labuhan Ruku Kecamatan Talawi Kabupaten Batubara lakukan sosialisasi dampak penularan, dan cara pencegahan virus corona, Rabu (11/3) di aula kantor Kelurahan Labuhan Ruku.

Acara dihadiri Lurah Labuhan Ruku Sahrul Ayadi, Sekretaris Ida Laila Hadi, Ketua PKK kelurahan Ema Lita, SST , Kasi ketertiban dan keamanan Fatma Yani, Kasi pemberdayaan masyarakat Ikbal, bidan desa/kelurahan Yuyun dan seluruh Kepala Lingkungan Kelurahan Labuhan Ruku.

Pemateri dari Puskesmas Samsidar bidang promosi Kesehatan, Alim SKM dan pendamping Kesehatan, dr Siti Hartifah.

iklan

Lurah Sahrul Ayadi dalam arahannya mengatakan, Virus Corona memang tengah menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat luas, untuk itu kita harus tingkatkan kewaspadaan dan pencegahan dari virus ini sendiri.

“Menyahuti himbauan Bupati Batubara Ir Zahir MAP kita antisipasi virus corona maka dilakukan sosialisasi ini kepada masyarakat dengan harapan agar masyarakat tau, untuk itu mari kita dengarkan sama-sama penjelasanan dari dokter,”pinta Lurah.

Sementara itu, dr Siti Hartifah sebagai pemateri menjelaskan bahwa virus corona itu sendiri menyerang cepat bagi manusia yang daya tahan tubuhnya lemah seperti balita dan lansia diatas 50 tahun. Untuk pencegahan harus menjaga pola hidup yang sehat, seperti mencuci tangan sebelum dan sesudah bepergian pada air yang mengalir. Makan makanan yang bergizi terutama bagi lansia dan anak-anak.

Cara penularan virus itu terdapat dari percikan ludah dari orang yang sudah terpapar virus corona, dan bisa juga melalui hewan.

“Usahakan jaga jarak kontak fisik dekat dengan penderita, dan untuk pemeriksaan lanjutannya melalui cek dahak bagi terkena gejala virus,”jelasnya.

Terkait gejala virus corona itu sendiri adalah sesak nafas, flu, demam tinggi 38 derajat celsius.

Dalam kegiatan juga diberikan kesempatan tanya jawab seputaran virus corona

Penularan Melalui Kucing..?

Dalam DNA hewan, penularannya bisa terjadi jika kita memakanan hewan seperti kucing yang salah satu penyebab dari penyakit virus corona.

“Virus ini sendiri tidak bisa bertahan pada suhu yang panas. Itu juga penyebab nya kenapa orang indonesia sendiri hampir dipastikan tidak ada yang terkena secara langsung,”kata dr Siti Hartifah.

Samsidar dari bidang promosi Kesehatan Puskesmas Labuhan Ruku juga mempragakan cara penularan virus corona. Ia juga menghimbau kepada masyarakat yang mengidap gejala seperti yg dipaparkan agar secepatnya dirujuk dan melaporkan ke Puskesmas Labuhan Ruku satu kali 24 jam.

“Melalui selebaran yang berisikan tentang virus corona, pencegahan, penularan, gejala lainnya, semoga bisa membantu masyarakat meningkatkan kewaspadaan agar selalu memakai masker jika sedang batuk, dan bepergian,”terangnya.(mff)

iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *