Dispora Batubara Seleksi Paskibra, 4 Orang Terbaik Dikirim ke Provinsi

Foto: Para Siswa/i saat mengikuti seleksi PASKIBRA dikantor Dispora Kabupaten Batubara.(ersyah.mff)

BATU BARA. Ersyah.com l Pemkab Batubara melalui Dinas Pemuda dan Olahraga melakukan seleksi Peserta Calon Pasukan Pengibaran Bendera Pusaka (PASKIBRA) Kabupaten Batubara, yang dilaksanakan dua hari tanggal 17-18 Maret 2020 dihalaman kantor Dispora.

Seleksi calon peserta Paskibra ini langsung dilakukan Kadis Pemuda dan Olahraga Drs. Sapri Moesa, MM, Sekretaris Safrizal Siregar, Kabid Kepemudaan Pantun Harianja, Danramil 03 Lima Puluh,  Ian Samosir, Ketua PPI Kabupaten Batubara Zulham Efendi, Sekretaris Habib Alhusein Lubis dan PPI Provinsi Sumut Abdul Munir Nasutio.

“Seleksi ini untuk menyambut HUT RI mendatang. Perwakilan kabupaten untuk mengikuti seleksi provinsi sumatera utara, dari hasil seleksi calon peserta ini pula tujuannya untuk mencari PASKIBRA yang terbaik diantara siswa/i yang ada,”kata Drs. Sapri Moesa MM dihadapan para peserta seleksi, Selasa (17/3).

iklan

Dikatakan, kegiatan dilaksanakan adalah yang terbesar karna ada 244 peserta yang hadir untuk mengikuti seleksi. Sementara yang akan diambil untuk dikarantina selama 17 hari sebayak 60 pesera. Petugas pokonya ada 51 orang sedangkan yang 9 orang lainnya sebagai petugas cadangan.

“Panitia pelaksan diminta bersikap ferplay dalam melakukan tugas sesuai tupoksi. Disini tidak ada permainan atau juga pakek deking, karena ini kita mencari yang terbaik, artinya dari segi fisik dan postur tinggi badan kita utamakan,” terang Safri Moesa.

Ia juga mengatakan, kategori penilaian seperti, tinggi badan minimal 168 cm bagi laki-laki, dan 165 cm bagi perempuan.

“Mari kita bersikap netral dalam memberikan penilaian bagi peserta. Buat yang terbaik untuk Kabupaten Batubara,”pintanya.

Terpisah Kabid Kepemudaan sebagai kepanitiaan Pantun Harianja menjelaskan, untuk perekrutan calon Paskibra ini Dispora Batubara sudah menyurati selurus skolah SMA/SLTA sederajat, baik sekolah negri maupun swasta di Kabupaten Batubara untuk mengikuti seleksi.

“Tim seleksi dari Dispora, TNI melalui Danramil 03 Lima Puluh, Purna Paskibra indonesia (PPI) Provinsi Sumatera Utara dan PPI Kabupaten Batubara, perwakilan dinas kesehatan untuk cek kesehatan calon peserta,”jelas Harianja.

Menurutnya, hari pertama ini dilakukan selekai administrasi, tinggi badan, berat badan, postur tubuh dan akan diumumkan langsung peserta 60 orang terbaik.

“Besok hari trakhir tanggal (18/3) dilakukan seleksi fisik dan cek kesehatan yang diawasi perwakilan Dispora Provinsi Sumatera Utara,”ujarnya.

Pantauan ersyah.com seleksi peserta berupa test dasar-dasar PBB diawasi langsung Kadis Pora Batubara.

Bukan dalam seleksi dasar ini sempat terlihat dua siswa peserta jatuh pingsan karena panas terik matahari dan fisiknya tidak tahan dan diketahui salah seorangnya diketahui belum sarapan pagi dan kurang minum air putih.

Informasi diterima dari tim panitia, seleksi ini untuk untuk persiapan mengikuti seleksi Paskibra Provinsi pada tanggal 14-16 April 2020 mendatang. Dispora Batubara melakukan seleksi lebih awal untuk mengirimkan 4 orang nama terbaik ke Provinsi Sumut. 2 orang  laki-laki dan 2 orang perempuan, sebagai perwakilan Paskibra Kabupaten Batubara dan sisanya sebagai Paskibra kabupaten. (mff)

iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *