Bumara Tuntut Inalum Hapus Outsourcing

Foto: Massa Bumara saat melakukan aksi di depan kantor PT Inalum Kuala Tanjung.(ersyah.04)

BATU BARA.Ersyah.com l Massa dari berbagai elemen yang tergabung dalam Buruh, Mahasiswa dan Masyarakat Batubara (BUMARA) melakukan aksi damai didepan PT Inalum, Rabu(8/7).

Aksi yang mayoritas mantan pekerja PT Inalum tersebut menuntut agar perusahaan Outsourcing yang berada di tubuh  PT Inalum bisa memberi penjelasan kenapa mereka di PHK secara sepihak yang tidak memenuhi hak-hak buruh.

“Kami meminta agar perusahaan penyedia tenaga kerja yang berada di tubuh PT Inalum menjelaskan kenapa kami di PHK secara sepihak, dan pesangom kami juga tidak diberikan,”teriak koordinator aksi M Yusri.

iklan

Para buruh menuntut agar PT Inalum sebagai User perusahaan penyedia tenaga kerja memberi sanksi kepada perusahaan Outsourcing yang mendiskriminasi buruh.

“PT Inalum harus menghapuskan Outsourcing, karena hampir semua perusahaan Outsourcing di tubuh PT Inalum telah mendiskriminasi bahkan sampai mengkriminalisasi kawan-kawan buruh yang mencoba menyuarakan hak-haknya,”ungkap Yusri.

Sekedar informasi bahwa saat ini PT Inalum memiliki puluhan perusahaan Outsourcing didalamnya sebagai penyedia tenaga kerja,  diantaranya adalah PT DMK yang merupakan anak perusahaan dari KOKALUM, PT PJB, PT SASM,  PT AM,  PT GDSK, PT AP,  hingga KOKALUM yang notabene Koperasi menyediakan tenaga kerja untuk PT Inalum. (Red.04)

iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *