Upaya Tingkatkan Perekonomian,Pemkab Batubara Bangun Desa Wisata Kampung Tenun

Foto:Kadis Koprindag dan UMKM Ahmadan Chair, Kabid Industri Lamhot Mahulae, Kabid Pariwisata Fahrizal Abdi, dan Kepala Desa Padang Genting Suhaimi.(ersyah.02)

BATU BARA.Ersyah.com l Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melalui Dinas Pariwisata akan membangun Wisata kampung tenun di Batubara, untuk itu Pemkab Batubara melalui Dinas Koperindag dan UMKM bersama Dinas Pariwisata Kabupaten Batubara menggelar sosialisasi Desa Wisata Kampung Tenun kepada warga Desa Padang Genting yang tergabung dalam pelaku Kerajinan Tenun di Aula Kantor Camat Talawi Rabu, (15/7)

Hadir Kadis Koprindag dan UMKM Ahmadan Chair, Kabid Industri Lamhot Mahulae, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata diwakili Kabid Pariwisata Fahrizal Abdi, dan Kepala Desa Padang Genting Suhaimi.

Kadis Koperindag dan UMKM Ahmadan Chair mengatakan, dalam rangka menggalakkan kerajinan tenun khas Batubara melalui program dari Provinsi Sumatera Utara, Pemkab Batubara akan membangun sebanyak 20 unit bangunan permanen Galeri Tenun yang berukuran 3×4 meter, Gapura, dan Workshop Galeri (aula) yang memerlukan tanah seluas satu rantai, di Desa Padang Genting Kecamatan Talawi.

Terkait kepemilikan galeri, lahan pekarangan akan tetap dilanjutkan regenerasi kepemilikan surat tanah. Karena persyaratan pembuatan galeri tersebut yakni kepemilikan surat tanah.

“Maksud dari pertemuan ini yakni pemahaman dalam proses pembangunan galeri, serta kebersediaan masyarakat akan pembangunan galeri 3×4 meter didepan pekarangan rumah warga dan workshop akan kesedian lahan tanah, dan tentunya kepemilikan galeri tersebut akan dikelolah oleh sipemilik tanah hingga ahli warisnya,” cetusnya

Untuk itu, kata Ahmadan Chair kita juga mengharapkan partisipasi dan dukungan masyarakat pengrajin Tenun Desa Padang Genting terkait lahan pembuatan galeri tersebut. Dan dengan berdirinya kampung tenun ini berharap akan terbentuknya kreativitas masyarakat.

Sementara itu Kadis Bubpar Batubara melalui Kabid Pariwisata Fahrizal Abdi

mengatakan, pembangunan Galeri tersebut desainnya tetap menggunakan kearifan lokal, dan Pembangunannya dari Dinas Pariwisata Sumut. Pada galeri itu nantinya selain songket, juga ada kuliner khas Batubara, dan kerajinan tangan lainnya sebagai penunjang kreativitas masyarakat setempat.

“Untuk itu kedepannya akan kita jadikan cikal bakal homestay atau tempat menginap para wisatawan, yang mungkin nanti juga menjadi sumber perekonomian bagi masyarakat desa Padang Genting. Dan targetnya untuk menunjang wisatawan luar berkunjung,”

Lebih lanjut Fahrizal Abdi menjelaskan bahwa, terkait wisata kampung tenun pihaknya juga akan membentuk Kelompok Sadar Wisata yang perannya dari pemuda dan masyarakat desa Padang Genting untuk membangun, serta menjaga kelestarian desa wisata kampung tenun. (m.02)

iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

iklan