Besok Lebaran Haji, Di Batubara Hewan Kurban Siap Dipotong

Foto: drh Emmy Oftini bersama staf Disnakbun Kabupaten Batubara foto disela-sela pemeriksaan kesehatan hewan kurban.(ersyah.02)

BATU BARA.Ersyah.com l Dinas Peternakan dan Perkebunan (Disnakbun) Kabupaten Batubara lakukan pelepasan tim pengawasan hewan kurban tahun 2020, serta memastikan kembali kesehatan hewan kurban (Pemeriksaan Ante dan Post Mortem Hewan Kurban) sebelum  pemotongan hewan kurban Hari Raya Idul Adha 1441 H (lebaran haji). Kamis, (30/07)

Dikatakan bahwa, sebanyak 38 hewan kurban yang akan disalurkan Pemkab Batubara melalui Kabag Kesra Sekretariat Daerah yang bersumber dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang merupakan kegiatan rutin tahunan menjelang Lebaran Haji siap dipotong, dan akan diserahkan di 12 Kecamatan.

“Ada 38 ekor lembu tahun ini yang dikumpulkan dari OPD untuk berkurban yang akan dibagikan kemasyarakat, selain hewan kurban masyarakat dan hari ini kita Disnakbun Batubara melalui petugas kesehatan hewan juga memastikan kembali kesehatan hewan kurban dari OPD agar layak disembelih untuk berkurban hari Raya Idul Fitri 1441 H ini,” terang Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Batubara drh. Emmy Oftini, MM didampingi Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Nelta Perangin-Angin, dan Kepala Seksi Peternakan dan Kesehatan Hewan drh. Riandi Arisandy dilapangan bola kaki Kelurahan Lima Puluh.

iklan

drh Emmy menjelaskan, sebelum  pelaksanaan pemotongan pihak Disnakbun (Petugas Pengawasan Pemotongan Hewan Kurban) melakukan pemeriksaan ante-moterm terlebih dahulu untuk memastikan kesehatan hewan kurba.

“Pengawasan pemotongan hewan pada hari-hari besar keagamaan (Pemeriksaan Ante dan Post Mortem Hewan Kurban) ini kita lakukan untuk memastikan kesehatan hewan dan menjamin ketentraman batin masyarakat dalam mengkonsumsi daging hewan kurban yang halal dan toyyib,” cetusnya.

Terkait pemotongan hewan kurban sebelum dilakukan pemotongan, terlebih dahulu hewan diisitirahatkan sekurang-kurangnya 3 hari sebelum disembelih dan diberikan pakan dan minum secukupnya.

“Menjelang pemotongan hewan kurban Petugas Kesehatan Hewan (Keswan) Disnakbun melakukan pemeriksaan ante-moterm terlebih dahulu, lalu sebelum hewan dipotong, terlebih hewan di isitirahatkan sekurang-kurangnya 3 hari sebelum disembelih,” ungkap drh. Emmy

Ditanya terkait protokol kesehatan Covid-19 terhadap pemotongan Lembu, drh. Emmy menjelaskan bahwa nantinya panitia pemotongan daging kurban harus mengikuti tata cara yang sudah ditetapkan oleh Dinas Peternakan dan Perkebunan Batubara dengan selebaran Pedoman Penyembelihan Hewan Kurban Yang Halal dan Higienis yang akan diserahkan kepanitia kurban se-Kabupaten Batubara.

Sebelumnya Dinas Peternakan dan Perkebunan (Disnakbun) Kabupaten Batubara menurunkan sebanyak 40 petugas kesehatan hewan untuk memastikan kesehatan hewan kurban dalam menyambut perayaan Hari Raya Idul Adha 1441 H (Raya Kurban). (m.02)

iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *