Inalum Latih Kompetisi Keterampilan Satpam 20 Pemuda

Foto: Menejer Pemberdayaan Masyarakat PT Inalum Ali Hasian Harahap saat membuka pelatihan Satpam bagi 20 Pemuda sekitar pabrik peleburan Kuala Tanjung Kabupaten Batubara.(ersyah.ist)

BATU BARA.Ersyah.com l PT Inalum Persero menggelar pelatihan  peningkatan kompetensi dan keterampilan 20 orang Pemuda di sekitar wilayah operasional pabrik peleburan Kuala Tanjung, dalam bidang Satuan Pengamanan atau Satpam Minggu (2/8) di MPH Tanjung Gading Kabupaten Batubara.

Pelatihan ini Inalum bekerjasama dengan lembaga professional di bidang pelatihan satpam PT Gada Pratama Mukti, Lubuk Pakam dan peserta akan menjalani pelatihan dasar Satpam tingkat Gada Pratama di Pusdiklat Pelatihan Satpam Gada Pratama, Lubuk Pakam selama kurang lebih tiga Minggu dari tanggal 3 s/d 21 Agustus 2020.

Demikian pesan tertulis WhatsApp bagian Meneger Humas Inalum Bambang Heru diterima wartawan, Selasa (4/8).

iklan

Pembukaan dan pelepasan peserta pelatihan langsung Manajer Pemberdayaan Masyarakat Inalum, Ali Hasian Harahap.

Disampaikan, program dilaksanakan dalam rangka membekali pemuda di sekitar perusahaan dengan kompetensi di bidang pengamanan sehingga nanti apabila ada peluang kerja di perusahaan-perusahaan atau di instansi-instansi sekitar maka peserta sudah memiliki bekal dan diharapkan mampu bersaing untuk mendapatkan peluang pekerjaan tersebut.

Ali mengakui, dikarenakan program saat ini masih dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19, maka diminta kepada seluruh peserta untuk tetap mematuhi protokol kesehatan serta menjaga kesehatan agar dapat menjalani pelatihan hingga selesai dan dinyatakan lulus.

Sejumlah kalangan masyarakat setempat mengapresiasi program yang telah dibuat perusahaan.

“lni sangat bermanfaat untuk masyarakat, terutama Pemuda/I disekitar Perusahaan yang sudah lulus SMA namun tidak memiliki kemampuan untuk belajar ke jenjang lebih tinggi. Program ini terakhir kami dapati di tahun 2018 lalu, dan alhamdulillah pesertanya saat ini rata-rata sudah bekerja semua. Semoga peserta tahun 2020 ini juga segera dapat menyusul. Kami berharap ini dapat terus dilaksanakan dan dikembangkan lagi ke depannya,”pinta warga.

Foto: 20 Pemuda yang mengikuti pelatihan Satpam.(ersyah.ist)

Wakil Bupati Kabupaten Batubara yang juga Ketua DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Oky Iqbal Prima SE dalam pidato tertulisnya, bersyukur Inalum selalu menunjukkan kepedulian dan perhatian terhadap masyarakat, tak terkecuali kepada Pemuda/I di Kabupaten Batubara.

“Saat ini angka pengangguran usia produktif di Kabupaten Batubara masih cukup tinggi, sehingga dengan adanya program seperti ini dapat mengurangi pengangguran di Kabupaten Batubara. Semoga kedepannya kuota peserta program ini dapat ditambah lagi agar dapat dinikmati lebih banyak masyarakat di Kabupaten Batubara, tidak lupa kami mendoakan Inalum agar tetap dapat melaksanakan operasiona dengan lancar dan berjaya selalu sebagai BUMN kebanggaan warga Batubara,”ungkap Wabup.

Usman, Kepala Desa Kuala Tanjung perwakilan Kepala Desa sekitar perusahaan menyampaikan apresiasi kepada Inalum dengan memberdayakan masyarakat disetiap program.

“Di tengah pandemi COVID-19 Inalum masih terus peduli ke masyarakat di lingkungan perusahaan. Hal ini patut diapresiasi, mulai dari santunan anak yatim, program kesehatan, bantuan sembako, bantuan qurban idul adha dan hari ini membuat pelatihan Satpam bagi pemuda dan program ini langsung menyentuh masyarakat, kami akan terus berdoa agar kondusifitas wilayah operasional Inalum dapat terus terjaga,”tutup Usman.(red.01)

iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *