Pemkab Batubara Segera Beli Alat PCR

Foto: Bupati Batubara Ir Zahir MAP bersama Ketua PWI Sumut Hermanja SE saat sosialisasi adaptasi kebiasaan baru.(ersyah.ist)

BATU BARA.Ersyah.com l Bupati Batubara Ir H Zahir MAP mengatakan dalam waktu dekat Pemerintahan Kabupaten Batubara akan mempersiapkan mobil Polymerase Chain Reaction (PCR) swab alat pendeteksi Virus Corona (Covid-19).

Demikian disampaikan Bupati saat sosialisasi Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) yang di selenggarakan PWI Kabupaten Batubara, Kamis (6/8/2020) di Aula Kantor Bupati.

Dijelaskan, bahwa mobil PCR tersebut akan diadakan atas persetujuan DPRD dengan memanfaatkan insentif dana dari Pemerintah pusat.

iklan

“Saya sudah sampaikan ini kepada Kadis Kesehatan untuk membeli mobil PCR. Ini digunakan untuk berkeliling melakukan Test PCR sehingga tidak perlu lagi pergi ke Medan untuk tes swab,”katanya.

Bupati juga mengatakan, jika Pemerintahan Kabupaten Batubara memiliki alat PCR swab itu, maka tidak akan sulit mendeteksi gejala Covid-19 untuk mengetahui seseorang terinfeksi Virus Corona atau tidak. Kalau selama ada mobil PCR, kita tidak perlu lagi menunggu hasil konfirmasi positif selama seminggu cukup butuh waktu 4 jam.

“Jika alat ini sudah kita miliki maka akan dapat mendeteksi Virus Corona (Covid-19) selama 4 jam. Tidak perlu menunggu hasil swab yang memakan waktu hingga sampai satu minggu dan memakan biaya yang banyak untuk uji Test swab keluar daerah,”terang Zahir.

Ia mengakui selama belum punya alat PCR swab, terkait penanganan dan pemeriksaan lanjutan orang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Batubara, akan merepotkan berbagai pihak.

“Semoga ini bisa terlaksana, sehingga masyarakat kita di Kabupaten Batubara bisa terlayani dengan kesehatan,”harap Zahir.(m.02)

iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *