AKBP Drs H.Ikhwan Lubis SH MH Kapolres Penegak Hukum Merakyat Tanpa Pilih Kasih

Foto: AKBP Drs H. Ikhwan Lubis SH MH Kapolres Batubara.(foto.ist)

M. Firdaus Fitra

Dalam menolong dan membantu antar sesama makhluk hidup yang diciptakan secara sempurna (manusia), kita dianjurkan agar tanpa pamrih dan tanpa melihat suku bangsa serta agama. Begitupula dalam bersosial masyarakat agar bergaul dan beradaptasi diwilayah tempat tinggal tanpa pandang ras, suku bangsa dan agama.

Hal itu berdasarkan dalil ayat suci Al-Qur’an yang artinya: “Hai manusia, sesungguhnya kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah yang paling bertakwa dia antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui Lagi Maha Mengenal” (QS. al-Hujurat ayat: 13).

iklan

Karena itu makna dari dalil tersebut menekankan perlunya saling mengenal. Perkenalan itu dibutuhkan untuk saling menarik pelajaran dan pengalaman antar satu dengan lainnya, yang dampaknya tercermin pada kedamaian dan kesejahteraan hidup.

Beranjak dari itu sebuah Institusi Kepolisian yang ditugaskan Negara untuk melindungi dan melayani masyarakat agar terciptanya wilayah hukum yang aman, damai dan sejahtera serta mengayomi masyarakat dalam segala tindak kekerasan kriminalisasi oknum kejahatan.

Ini sudah tertuang dalam Undang-Undang Dasar tahun 1945 pada pasal 30 ayat 4 yang berbunyi, “Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagai alat negara yang menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat bertugas melindungi, mengayomi, melayani masyarakat, serta menegakkan hukum”.

Seirama dengan UUD tersebut, masyarakat Kabupaten Batubara dibuat kagum oleh sosok AKBP Drs H. Ikhwan Lubis SH, MH yang lahir di Kota Medan pada tanggal 7 Juli 1964 silam hasil tali kasih sayang dari Ayahnya H. Adam Lubis dan Ibunya Hj. Kartini Batubara.

Bagaimana tidak, sosok orang nomor satu di Kepolisian Resort Batubara ini begitu dikenali dan dicintai masyarakat, tak terkecuali kalangan masyarakat pinggiran pesisir pantai.

Sudah menjadi buah bibir yang positif sosok Kapolres AKBP Drs. H Ikhwan Lubis SH,MH dikalangan masyarakat, mulai dari tipikal pangombur hingga tipikal orang yang tidak acuh terhadap suasana disekitarnya. Dari pembicaraan warung kopi hingga di cafe-cafe sosok aparat penegak hukum yang merakyat dan suka berbagi pada kaum duafa dan fakir miskin ini cukup dikenal harum namanya di sebuah Kabupaten wilayah pesisir pantai timur ini.

Mengenal sosok Kapolres Batubara ini, diusianya 6 Tahun AKBP Drs H. Ikhwan Lubis SH,MH pertama ikut pendidikan Sekolah Dasar (SD) Al-Hidayah Medan Jln. Letda Sudjono. Melanjutkan ke Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 17 Medan dan ke Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 10 Medan.

Setelah 6 Tahun berkarir sebagai anggota Polisi melanjutkan Ilmu Hukum Strata 1 (S1) di Universitas Sumatera Utara. Dalam karirnya sebagai anggota Kepolisian Republik Indonesia Tahun 1998 Kapolres Batubara AKBP Drs H. Ikhwan Lubis SH,MH sebelumnya menduduki Kapolsek Salapian Polres Langkat. Dan pada tahun 2002 sebagai Kanit Reskrim Polres Labuhan Batu, Kanit 3 Reserse Umum Polres Labuhan Batu ditahun 2003, Kanit Reskrim Polsek Patumbak ditahun 2005, Kasubbag Renmin  Ditreskrim Poldasu 2006. 16 Oktober 2008 menduduki jabatan Kasat Pam Ovit Polrestabes Medan,Kanit I Sat III Ditreskrim Poldasu ditahun 2009 ,Kanit III Subdit I Ditreskrim Poldasu ditahun 2011 dan Kanit I Subdit Waster Dit Pam Ovit Poldasu ditahun 2013. 4 bulan lebih kurang ditahun 2013 menjabat Kasubdit II Cybercime Ditreskrim Poldasu, lalu ditahun 2015 menduduki jabatan Kasubdit I Ditreskrim Poldasu. Pada 8 Maret 2018 menjabat Kapolres Belawan dan Tahun 2019 menginjakkan kaki kedua menjabat sebagai Kapolres di Kabupaten Batubara.

Foto: AKBP Drs H Ikhwan Lubis SH MH bersama Kasat Binmas AKP M Safi’i SH saat mengunjungi rumah suluk di Kabupaten Batubara.(foto.ist)

H. Ikhwan Lubis yang mulai pada bulan Desember 2019 lalu menjabat jadi Kapolres Batubara ini, berdasarkan rekam jejak dibeberapa media cyber bahwa pertama kali berangkat ke Tanah Suci Mekkah bersama isteri tercinta pada tahun 2004, lalu ia bersama istri mendaftar kembali tahun 2009 dan berangkat Haji pada tahun 2017.

Beranjak dari itu sosok penegak hukum yang merakyat ini ketika mendapati sebuah laporan dari warga, baik itu langsung maupun secara by phone (pesan whatshApp) Kapolres Batubara beserta personil langsung terjung kelokasi untuk menindak lanjuti laporan warga itu.

Seperti yang terjadi pada bulan Mei lalu Kapolres AKBP Drs H. Ikhwan Lubis SH,MH mendapati sebuah pesan whatshApp dari warga yang merasa resah atas kehadiran sebuah tempat hiburan malam (warung remang-remang) yang berada di bantaran sungai Desa Sipare-pare.

Tak berapa lama mendapati pesan itu seperti yang rangkum catatan penulis pada sore Bulan Ramadhan tepatnya hari Jum’at, (08/05) lalu, singkat cerita malamnya sekira pukul 21.30 Wib, tim gabungan Polres Batubara yang dipimpin langsung Kapolres AKBP Drs H. Ikhwan Lubis SH,MH laksanakan razia gabungan tempat hiburan malam yang membuat keresahan warga seputaran bantaran sungai Desa Sipare-pare. Dan berhasil mengamankan puluhan pengunjung yang terdiri dari laki-laki dan perempuan di sebuah tempat hiburan malam warung remang-remang itu.

Tak hanya itu saja sosok penegak hukum yang merakyat ini yakni AKBP Drs H. Ikhwan Lubis SH,MH juga sosok dermawan tanpa pandang bulu. Bagaimana tidak, sosok Kapolres Batubara ini sebelumnya dinobatkan Bupati Batubara Ir. Zahir MAP adalah pelopor sedekah Indonesia, seperti yang rangkum dimedia ini (ersyah.com) “Resmikan Kantor KSJ Batubara, Bupati: Pak Ikhwan ini Pelopor Sedekah Indonesia.”

Berbicara tentang Sedekah AKBP Drs H. Ikhwan Lubis SH,MH ini sejak resmi dilantik Perwira dengan dua melati emas di pundak ini terus bergerak memberikan pelayanan kemasyarakat serta tak luput disela rutinitasnya yang padat itu menghidupkan nuansa berbagi serta kepeduliannya terhadap kaum duafa mulai dari tukang becak hingga nelayan, dan fakir miskin, anak yatim tanpa memandang ras, suku, dan agama sehingga AKBP Drs H. Ikhwan Lubis SH, MH ini dikenal dengan Sosok Penegak Hukum Yang Merakyat Tanpa Pandang Bulu.

Sebelum menjabat sebagai orang nomor satu di Kepolisian Resort Batubara sebelmya sewaktu menjabat Kapolres Pelabuhan Belawan, AKBP Drs H. Ikhwan Lubis SH,MH yang gigi dan dikenal senang berbagi ini, bertemu dengan komunitas kecil dan mendirikan wadah untuk bersedekah setiap hari Jum’atnya yang diberi nama Komunitas Sedekah Jumat (KSJ) diketuai Saharuddin SH dan AKBP Ikhwan Lubis SH MH sebagai Dewan Pembina Utama.

Selain itu Kapolres Batubara AKBP Drs H. Ikhwan Lubis SH,MH ini kemudian membentuk Komunitas Sedekah Jum’at (KSJ) ini di Kabupaten Batubara yang diketuai oleh Rizal Syahreza SE, dan Kapolres Batubara sendiri sebagai pendiri dan pembina utama.

Singkat cerita seiring berjalannya waktu, KSJ yang mendapatkan respon positif dikalangan masyarakat ini, akhirnya pada Rabu tanggal (08/07/30) lalu Kapolres Batubara AKBP Drs H. Ikhwan Lubis SH,MH selaku pendiri dan Dewan Pembina KSJ Pusat ini mengukuhkan Pengurus KSJ dari 12 Kecamatan se-Kabupaten Barabara, dengan tujuan agar dapat pula menyentuh seluruh element masyarakat pelosok untuk berbagi kepada kaum duafa, fakir miskin dan anak yatim. Setiap Jum’at, Kapolres dan Bupati Batubara bersama KSJ door to door kerumah masyarakat untuk memberikan bantuan pada fakir miskin, kaum duafa, anak yatim, pesantren, mesjid, gereja, juga korban bencana alam.

Terkait issu pandemi Covid-19 yang begitu massif, Kapolres Batubara juga mendirikan dapur umum bagi masyarakat yang terdampak penyebarannya, bersama KSJ Kapolres AKBP Drs H. Ikhwan Lubis SH,MH secara door to door memberikan paket sembako kepada masyarakat. Selain itu Kepolisian Resort Batubara yang dipimpinnya bersama Forkopimda Batubara juga mendirikan Desa Tangguh Bencana (Destana) untuk mensosialisasikan Protokoler Kesehatan ditengah Pandemi Covid-19 demi menanggulangi dan menekan angka penyebarannya yang begitu massif.

Sebagai orang nomor satu di Kepolisian Resort Batubara AKBP Drs H. Ikhwan Lubis SH,MH ini juga menaungi empat Polsek wilayah hukumnya, yang terdiri dari 12 Kecamatan yaitu, Polsek Labuhan Ruku, Polsek Lima Puluh, Polsek Indra Pura, dan Polsek Medang Deras*****

iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *