MUI Sumut Ajak Berantas Narkoba Untuk Bangun Mental Penerus Bangsa

Foto: Ketua DP MUI Sumatera Utara Prof. Dr. H. Addullah Syah MA ,Ketua Komisi Pemuda Seni Budaya Islam MUI Sumut Prof. Dr. H. Asmuni MA, Kepala BNNK AKBP Zainuddin MZ SAg, SH, Kasat Binmas AKP M Safi’i SH, Ka Kemenag H Ahmad Sofyan MA dan pengurus MUI Batubara foto bersama.(ersyah.02)

BATU BARA.Ersyah.com l Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatera Utara laksanakan Seminar Antisipasi Terhadap Bahaya Narkoba, Sabtu (15/8) di Aula Hotel Banyuwangi Jalan Lintas Sumatera Kecamatan Lima Puluh Kabupaten Batubara.

Sosialisasi ini juga bertujuan antisipasi penyebaran penyalahgunaan narkoba terhadap generasi muda Islam dan pembinaan keluarga akan bahaya obat obatan.

Gandeng MUI Batubara sebagai tuan rumah, MUI Sumatera Utara melalui Komisi Pemuda dan Seni Budaya Islam angkat tema tentang ‘Dampak Negatif Narkoba Dalam Berbagai Perspektif’. Mulai dari dampak narkoba terhadap eksistensi keluarga muslim, strategis pencegahan dan penanganan narkoba, narkoba dalam perspektif hukum Islam, hingga infrastruktur sosial keluarga meslim dalam menanggulangi penggunaan narkoba terhadap remaja, dan dampak narkoba terhadap pertumbuhan ekonomi syariah.

iklan

Ketua DP MUI Sumut Prof. Dr. H. Addullah Syah, MA mengharapkan agar tindak tegas oknum yang berkaitan dengan Norkoba. “Jauhi Narkoba, dan kita tidak perlu tahu aparasanya, karena itu sebuah kejahatan yang harus ditindak tegas,” pintanya.

Prof. Dr. H. Asmuni, MA Ketua Komisi Pemuda dan Seni Budaya Islam MUI Sumatera Utara yang juga selaku ketua panitia mengatakan, bahwa kegiatan tersebut juga bertujuan untuk menentukan langkah-langkah strategis mengantisipasi narkoba pada pembinaan keluarga dengan pendekatan persuasif secara keagamaan, dan kekeluargaan.

“Karena Narkoba ini seperti yang dikatakan Presiden kita, sudah sampai pada level darurat narkoba. Yang juga mengakibatkan rumah tangga berantakan, dan angka perceraian mencapai 65% akibat suami terkontaminasi dengan Narkoba,” ungkapnya

Prof Asmuni juka mengungkapkan bahwa misi MUI hari ini adalah berangkat dari masalah pembinaan keluarga. Sedangkan Pemerintah dan Aparat Penegak Hukum punya otoritas untuk menangkap dan mengadili pengguna Narkoba.

Terkait bahayanya penyalahgunaan Narkoba MUI juga menghimbau, melalui alim ulama dan ustadz  agar memberikan pencerahan kepada pemuda agar menyadari tentang bahayanya penggunaan Narkoba.

Beranjak dari berantas narkoba Ketua MUI Kabupaten Batubara H. M. Gazali Yusuf Lc meminta pada Pemerintah Kabupaten Batubara khususnya, tidak hanya terfokus pembanguan daerah, dan penanganan Covid-19, namun fokuskan pula membangun mental anak bangsa akan bahaya penyalahgunaan bahan Narkotika.

“Bukan hanya terfokus mengatasi Covid-19 saja namun generasi anak bangsa yang terkontaminasi Narkotika juga harus diatasi,” pintanya.

Seminar Bahaya Narkoba oleh Ketua Dewan Pimpinan MUI Sumatera Utara Prof. Dr. H. Addullah Syah, MA, Ketua MUI Kabupaten Batubara H. M. Gazali Yusuf Lc, Bupati Batubara Ir. Zahir MAP, perwakilan Polres Batubara Kasat Binmas M. Syafi’i, Kakan Kemenag Batubara, Kabag Kesra, juga Kepala BNNK Batubara AKBP Zainuddin S.Ag, SH selaku pemateri strategi pencegahan dan penanganan narkoba. Beberapa perwakilan Ormas Islam dan Organisasi Kepemudaan Islam yang ada di Kabupaten Batubara dan dua orang perwakilan MUI Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara. (D.02)

iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *