28 Rumah Desa Sei Muka Batubara Porak Poranda Dihantam Puting Beliung

Foto: Kondisi rumah para korban angin puting beliung yang terjadi di Desa Sei Muka,Kecamatan Datuk Tanah Datar, Kabupaten Batubara.(ersyah.ist)

BATU BARA.Ersyah.com l Kurang lebih 28 rumah warga di dua dusu, Parulian dan Kalirejo Desa Sei Muka, Kecamatan Datuk Tanah Datar, Kabupaten Batubara porak poranda diterjang angin puting beliung, Selasa (1/9) sekira pukul 16.05.

Akibatnya 8 unit rusak berat, 17 unit rusak sedang dan 3 unit rusak ringan. Warga yang tertimpa musibah terpaksa mengungsi kerumah jiran tetangga sebelum memperbaiki kerusakan rumah mereka.

Kepala BPBD Kabupaten Batubara Aunurdi MM dihubungi melalui selulernya mengatakan, hantaman angin mengakibatkan sebagian besar atap rumah rusak. Sebagian lagi rubuh akibat kayu lapuknya kayu tiang rumah karena lapuk termakan usia.

iklan

“Kita sudah menyiapkan dan memasang tenda darurat sementara untuk menampung keluarga yang tidak mempunyai tempat tinggal. Kemudian Dinas Sosial juga sudah memasang dapur umum dan memberikan makanan,”ujarnya.

Dijelaskannya, angin kencang diikuti hujan deras bukan saja merusak rumah warga di dua dusun tersebut, tapi juga menumbangkan tanaman padi warga. Meski tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun, kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Menurut informasi dihimpun, Rabu (2/9), Bupati Batubara Ir Zahir MAP bersama Kapolres AKBP Drs H Ikhwan Lubis SH MH dan KSJ akan turun memberikan bantuan kepada korban angin puting beliung.

Salah seorang warga, Albion Sitorus mengatakan, kerusakan terparah akibat angin arahnya tidak menentu.

“Anginnya datang memutar pak dan tiba-tiba menyapu habis atap seng rumah,”terangnya.(red.01)

iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *