Bupati Tinjau Operasi Katarak 110 Warga Labura

Foto: Bupati Labura H Kharuddin Syah SE saat menyampaikan arahan kepada 110 warga yang akan dioperasi katarak.(ersyah.F Sinaga)

LABURA.Ersyah.com l Bupati Labuhanbatu Utara H.kharuddinsyah Sitorus SE meninjau pelaksanaan operasi katarak bagi warga kurang mampu, Jum’at (16/10) dirumah sakit Jln. Jendral Sudirman, Aek Kanopan, Kamatan Kualuh Hulu, Labuhanbatu Utara.

Kharuddin Syah Sitorus mengatakan, operasi mata katarak gratis, dan itu dilaksanakan sejak ia jadi bupati sudah terlaksana sebanyak 8 kali dan dana bersumber dari APBD Labura terkhusus untuk warga yang kurang mampu.

“Orang-orang tua kami yang tidak mampu, jika ada yang datang dari jauh belum ada tempat untuk menginap,saya selaku bupati mempersilahkan tempat untuk menginap dirumah dinas bupati. Karena sudah selayaknya saya melayani ibu dan bapak sekalian, saya dipilih masyarakat dan sudah seharusnya bagi  masyarakat banyak,”sebutnya.

iklan

Bupati juga berpesan kepada yang hadir untuk tetap mengikuti protokol kesehatan dimasa pandemi Covid-19, seperti mencuci tangan, menjaga jarak,memakai masker dan menghindari kerumunan.

“Sampai saat ini Kabupaten Labura status positif Covid-19 sudah 67 orang dan meninggal 7 orang,”terang Kharuddin Syah.

Kadis kesehatan dr.Saodah Nasution saat dikonfirmasi  menjelaskan jumlah peserta operasi katarak ada 110 orang. Kriteria penerima operasi mata katarak gratis tergantung diagnosa mata,setelah proses screaning serta kondisi kesehatan peserta.

“Kata lain tidak memiliki riwayat gula, darah tinggi ,kolesterol , sehingga baru bisa masuk kategori penerima operasi gratis ini, dan dilakukan operasi,”jelas Kadis.

Kabid Yankes Zulkarnain SKM, kegiatan yang rutin dilakukan Dinas Kesehatan  setahun ini  sangat berdampak positif bagi masyarakat.

“Ini sudah berlangsung selama 8 tahun, dan hari ini masih dalam tahap pemeriksaan screaning, semoga kegiatan ini bisa membantu dan mengurangi beban masyarakat kurang mampu dalam hal biaya perobatan,”harapan Zul.(F Sinaga)

iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *