Ahmadan Chair: Nanti Bupati Mengeluarkan Perbup Batik Khas Batubara

Foto: Kadis Koperindag dan UKM Kabupaten Batubara Ahmadan Chair MAP, Ketua Dekranasda Ny Maya Indrisari Zahir SE saat membuka pelatihan menulis dan mencap batik di RM Barokah, Kecamatan Sei Suka.(ersyah.ist)
iklan

BATU BARA.Ersyah.com l Dalam rangka pemulihan ekonomi nasional (PEN), Dinas Koperasi dan Perdagangan Usaha Kecil Menengah dan Dekranasda Kabupaten Batubara menggelar Pelatihan Pembuatan Batik Tulis Dan Batik Cap Bagi Industry Kecil Menengah (IKM) yang terdampak Covid-19, Selasa (20/10) di Aula RM. Barokah, Kecamatan Sei Suka.

Hadir Kadis Koperindag Achmadan Chair, S.Sos, MAP, Ketua Dekranasda Kabupaten Batubara Ny. Maya Indriasari Zahir SE, Camat Air Putih, Camat Laut Tador, Kades Pasar Lapan dan Kades Tanjung Kasau, dan para peserta pelatihan membatik.

Kegiatan yang bersumber dari Dana Insentif Daerah (DID) dalam rangka pemulihan ekonomi nasional dimasa Pandemi Covid-19.

iklan

Pelatihan itu juga diikuti dengan serah terima bantuan peralatan serta bahan baku batik bersama Ketua Dekranasda Kabupaten Batubara Ny. Maya Indriasari SE.

Ahmadan Chair mengatakan, diadakannya pelatihan dan pemberian bantuan alat batik tulis dan batik cap untuk pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) di Kabupaten Batubara dalam menunjang perekonomian dibidang Industri dimasa Pandemi Covid-19.

“Untuk pemasaran penjualan batik, IKM akan bekerja sama dengan Koperasi dan Batubara Mart TP-PKK Batubara,”katanya.

Selain itu kata Ahmadan Chair, nantinya Bupati Batubara Ir Zahir MAP mengeluarkan Peraturan Bupati (Perbup) untuk seluruh pegawai Kabupaten Batubara, setiap hari Jum’at wajib mengenakan pakaian Batik dari hasil karya khas Batubara dari Industri Batik yang ada di Kabupaten Batubara.

“Pelatihan yang dibuat Diskoprindag UKM Batubara ini berlangsung selama tiga (3) hari, dimulai dari tanggal 20-23 Oktober 2020. Di ikutin  sebanyak  27 orang Pelaku Industri Batik yang tersebar di berbagai Kecamatan di Kabupaten Batubara,”jelas Achmadan Chair.(tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

iklan