Bupati Turun Sawah Semai Padi di Gunung Melayu

Foto: Bupati Labura H Kharuddin Syah Sitorus saat melakukan penyemaian padi di sawah Desa Gunung Melayu, Kecamatan Kualuh Selatan.(ersyah.F Sinaga)
iklan

LABURA.Ersyah.com l Bupati Kabupaten Labura H.Kharuddin Syah Sitorus didampingi staf ahli Marwan SH, Kadis Pertanian Hendri Simarmata SPi dan Kadis Hanpang Drs  Adu P Sitorus bersama sama turun ke sawah semai padi,  musim tanam ke-II tahun 2020, Rabu (4/11/20), di Desa Gunung Melayu, Kecamatan Kualuh Selatan.

Dijelaskan Bupati,Pemerintah Kabupaten Labura mendapatkan undangan dari Gapoktan Fajar yang membawahi 10 Kelompok  Tani untuk melaksanakan kenduri doa bersamaa dan penyemaian bibit padi.

“Penanaman Padi di desa ini 2 kali dalam setahun, kebiasaan masyarakat sebelum melaksanakan penanaman padi akan melakukan kegiatan kenduri dan doa bersama.Setiap melaksanakan penyemaian dan penanaman padi selalu mengundang pemerintah daerah,”katanya.

iklan

Selain itu Bupati berharap penyuluhan yang telah dilakukan dinas pertanian agar terus dilakukan sehingga panen padi masyarakat meningkat.

“Saya berharap hasil panen petani kita kedepan terus meningkat, sesuai anjuran pemerintah pusat untuk memperhatikan dan meningkatkan produktifitas serta menjaga ketahanan pangan dan kesejahteraan petani,”pintanya

Dikesempatan itu Bupati diberikan 1 karung beras baru dari kelompok tani sebagai bentuk penghargaan dan apresiasi kepada orang nomor satu di Labura tersebut yang telah peduli pada kelompok tani di Kabupaten Labura.

Kadis Pertanian Labura Hendri Simarmata SPi menerangkan produktifitas hasil petani di Desa Gunung Melayu masuk dalam kategori Baik.

“Setelah Dinas Pertanian melakukan bimbingan petani kita disini menghasilkan 5,5 Ton Gabah/ Hektar dan hasil tersebut telah masuk dalam kategori baik untuk sawah kita disinidisini,”ungkapnya.

Hendri mengaku Dinas Pertanian Labura melakukan upaya buffer untuk menjaga kestabilan harga gabah saat petani memasuki masa panen.

“Harga gabah selalu normal, karena kita selalu melakukan upaya-upaya buffer (menyangga) terhadap harga yang disiapkan para pedagang, dan kalau terjadi penurunan kita siap melakukan penyanggahan,”terang Kadis Pertanian.

Kades Gunung Melayu H.Syaiful Anwar Tanjung berterima kasih kepada Pemerintah kabupaten yang selalu peduli dan membimbing petani sehingga hasil panen masyarakat desanya terus meningkat.

“Kelompok Tani disini merasa puas dengan hasil panen mereka. Kedepan nya mereka ingin selalu dilibatkan dalam kegiatan penyuluhan agar hasil panen semakin meningkat,”harap Kades.

Sebelumnya kegiatan dilakukan kenduri doa dan makan siang bersama.

Acara ini juga diikuti Camat Kualuh Selatan ,Danramil 01 Aek Kanopan, Kapolsek Kualuh Hulu, Kades Gunung Melayu, Babinsa, Babinkamtibmas ,Koordinator BPP, BPD, PPL, Kelompok Tani se Desa Gunung Melayu, Tokoh Agama, tokoh masyarakat , Perangkat Desa dan Linmas.(F Sinaga)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

iklan