Bupati Tinjau DAM Air dan Normalisasi di Mekar Mulyo Batubara

Foto: Bupati Batubara Ir Zahir MAP saat mengecek kolong Dam pintu air di Desa Mekar Mulyo, Kecamatan Sei Balai.(ersyah./ist)

BATU BARA.Ersyah.com l Bupati Batubara Ir Zahir MAP bersama Kadis PUPR Khairul Anwar, Camat Sei Balai Hanafi, beberapa Kepala Desa meninjau Dam Air dan cek gorong-gorong serta normalisasi sungai serba jadi di desa Mekar Mulyo, kecamatan Sei Balai, Kamis (7/1/21).

Peninjauan dilakukan Bupati ini bertujuan perbaikan bendungan di pintu air sungai serba jadi. Terlihat juga  Bupati ikut memotong kayu balok dengan menggunakan chainsaw (mesin pemotong kayu) untuk penahan pintu air sementara dan terjun langsung mengecek kondisi pintu yang rusak. Dinas PUPR menurunkan alat berat Excavator Amphibi untuk menormalisasi sungai dan memperbaiki tanggul yang pecah.

“Pintu air sungai serba jadi telah  rusak, berdampak pada pembagian air ke sawah – sawah tidak bisa mengalir untuk musim tanam di tahun ini. Ternyata pintu dam/pintu air ini sudah ada sejak 30 tahun silam, wajar memang sudah harus diperbaiki,”kata Bupati Zahir menjawab wartawan.

iklan

Pemkab Batubara segera memperbaiki dam ini, karena memang kebutuhan para petani, agar bisa kembali bercocok tanam dan pembagian air tepat, sebab padi merupakan salah satu komoditas utama Kabupaten Batubara.

“Hari Excavator Amphibi diturunkan untuk pengerukan tanah akibat pendangkalan sungai. Penebangan pohon sawit yang tumbuh di sepanjang pinggir sungai. Karena pohon sawit  bukan tanaman bantaran sungai, tidak boleh sawit di tanam di pinggiran sungai,”terang Zahir.

Sejumlah petani yang ikut turun berterima kasih kepada Pemkab Batubara karena  melakukan gotong royong untuk memperbaiki Dam pintu air  yang rusak akibat meluapnya sungai serba jadi.

“Ada lah Dam dan geronjong ini sudah berumur 30 tahun, sudah sepantasnya dapat perbaikan, sebab ini mengairi persawahan warga 4 desa di Kecamatan Sei Balai,”terang Joko.(red.01)

iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *