Dinkes Batubara Rapat Koordinasi Persiapan Vaksinasi Covid-19

Foto: Kadinkes Batubara drg Wahid Kusairi didampingi Sekretaris dr Deny Syaputra dan para Kabidnya saat rapat.(ersyah/ist)
iklan

BATU BARA.Ersyah.com l Sesuai kebijakan pemerintah pusat dan upaya dukungan pencegahan penyebaran Covid-19, dalam waktu dekat ini Pemkab Batubara akan melakukan Vaksinasi Covid-19.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Batubara drg Wahid Khusyairi saat menggelar Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan vaksinasi Covid-19, Kamis (28/1/21) di Aula gugus tugas di Kecamatan Lima Puluh.

Dijelaskan, sesuai Surat Keputusan Dirjen PoP Kemenkes RI Nomor HK.02.02/4/1/2021 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Covid-19 serta Kesepakatan dan Rencana Tindak Lanjut Rapat Virtual Percepatan Pendataan Fasilitas Kesehatan, Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 dan Jadwal Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19.

iklan

“Pada aspek prinsip pelaksanaan vaksinasi dilakukan secara Serentak dan Cakupan yang luas”, sehingga target 50% Tenaga Kesehatan dan Pejabat Publik sebagai penerima vaksin pada tahap pertama dapat tercapai, sehingga Tenaga Kesehatan dapat dijadikan sebagai role model bagi masyarakat dalam Vaksinasi Covid-19 yang Aman dan Halal di Kabupaten Batu Bara,” jelasnya

Persiapan Vaksinasi Covid-19, di Kabupaten Batubara juga menghadirkan Narasumber dari BPJS Cabang Tanjung Balai dan BPJS Batu Bara.

Ia memaparkan tentang Aplikasi Primary Care (Peare) Vaksinasi Covid 19 bagi Fasilitas Kesehatan Pelaksana Vaksinasi Covid-19 Kabupaten Batu Bara. Aplikasi Primary Care (Pcare) merupakan system aplikasi yang terintegrasi dengan system informasi satu data vaksinasi Covid-19 seperti aplikasi KPCPen.

Peduli covid-19, Dukcapil, SISDMK. Pcare mendukung proses: Registrasi Sasaran Penerima Vaksin, Screening Satus Kesehatan, Mencatat dan Melaporkan Hasil Pelayanan Vaksinasi. Selanjutnya, direncanakan seluruh Faskes di Kabupaten, sebut Nara sumber.

Acara yang diikuti oleh Kepala dan Pengelola Pcare Puskesmas se Kabupaten Batu Bara, Direktur RSUD Batu Bara, Kepala FKTP Polres Batu Bara, Kepala Klinik Tonkes Yonif 126/KC, Direktur Inalum Health Center. Ke-19 Faskes yang telah dihunjuk sebagai tempat pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Batu Bara sedang melakukan berbagai persiapan, diantaranya pelatihan tenaga vaksinator, penyiapan sarana dan prasarana pendukung lainnya yang langsung dikoordinir oleh Bidang P.P Dinas Kesehatan Kabupaten Batu Bara,

Rencana Tindak Lanjut dari hasil Rapat Koordinasi dalam Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Batu Bara, sebagai berikut:

Faskes Pelaksana Vaksinasi Covid-19 mempersiapkan Tim Pelaksana terdiri 7 orang pertim, dan SOP Pelaksanaan Vaksinasi.

Faskes menghitung kebutuhan perlengkapan dan peralatan pendukung pelaksanaan vaksinasi dan mengajukan permintaan pada Dinas Kesehatan Kabupaten Batu Bara.

Tanggal 3 Pebruari 2021: Pengambilan vaksin Covid-19 pada Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara. 4. Tanggal 4 Pebruari 2021; Simulasi Pelaksanaan Vaksinasi Tingkat Kabupaten

Batu Bara

Tanggal 5 Pebruari 2021; Launching Pelaksanaan Vaksinasi pada Forkompinda Batu Bara, Ormas, Organisasi Profesi Kesehatan MUI dan FKUB Kabupaten Batu Bara.

Tanggal 6 Pebruari 2021: Pelaksanaan Vaksinasi pada wilayah Faskes Pelaksana Vaksinasi Covid-19 Kabupaten Batu Bara. Demikian press release ini disampaikan, sebagai informasi dalam

pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Batubara.(red.01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

iklan