Ilyas: SIPLah Bantu Negara Menghimpun Pajak

Foto: Kadisdik Batubara Ilyas S Sitorus SE MPd saat sosialisasi dan Simulasi Belanja SIPLah.(ersyah/ist)

BATU BARA.Ersyah.com l Dinas Pendidikan Batubara bersama PT Distribusi Ruang Waktu, melaksanakan sosialisasi dan simulasi belanja melalui SIPLah.

“Melalui SIPLah membantu negara menghimpun pajak,” Kadisdik Batubara Ilyas S Sitorus SE MPd, saat membuka Sosialisasi dan Simulasi Belanja SIPLah, Selasa (16/3/21) di Aula Grand Malaka Tanjung Tiram Batubara.

Ilyas menyebutkan, kegiatan ini diikuti kepala sekolah dan operator sekolah se-Kabupaten Batubara sebanyak 600 orang lebih, yang dibagi dalam lima angkatan, berlangsung 16 s.d 18 Maret 2021.

Menurut Ilyas, kegiatan ini perlu dan sangat penting bagi sekolah, karena sekolah akan mendapatkan pengetahuan terkait SIPLah dan bagaimana cara belanja SIPLah.

Sebagaimana Surat Edaran Kemendikbid RI No 8/2020, 11 September 2020, tentang Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Satuan Pendidikan Melalui Sistem Informasi Pengadaan di Sekolah (SIPLah).

Lebih jauh mantan Karo Humas Protokol Pemprovsu ini mengatakan, dalam rangka pelaksanaan pengadaan barang/jasa di satuan pendidikan melalui SIPLah.

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 14/2020, tentang Pedoman Pengadaan Barang/Jasa oleh Satuan Pendidikan.

Ilyas memaparkan apa dan bagaimana itu SIPLah, termasuk manfaatnya bagi sekolah dan negara.

Kemendikbud telah melakukan penyempurnaan SIPLah sesuai dengan kebutuhan pelaksanaan pengadaan barang/jasa di satuan pendidikan.

“Antara lain terkait dengan perluasan pengguna, perluasan sumber dana, menghilangkan batasan nilai transaksi, penyederhanaan proses dan memberikan akses bagi Usaha UMKM untuk memasarkan usahanya di bidang pendidikan,” terang Ncekli, sapaan akrab Kadisdik.

Sementara, perwakilan Mitra Arsitektur Sumatera Utara, Merry menyampaikan terima kasih diberi kesempatan bersama kepala sekolah dan jajaran Disdik Batu Bara, Selasa hingga Kamis.

“Berdiskusi sekaligus diberi kesempatan memperkenalkan perusahaan/ produk kami di Batu Bara khususnya di lingkungan pendidikan,” kata Merry.

Selain berbagi tips belanja lewat SIPLah, juga memperkenalkan produk mereka melalui PT Distribusi Ruang Waktu, yang juga menyediakan berbagai keperluan, baik untuk sekolah, pemerintahan maupun umum.

Kami hadir bersama Suplier Cutting Acrylic  Yansen, Cat Nippon Paint Rico, Pintu Splus Yose, Keramik Platinum  Dedek, Furniture Stram William, Atap Onduline Djafar, Kunci Dekkson Joko, List Plank Conwood Enny, American Standard Asti, Sheraboard Chairul.

“Semua bekerjasama dengan PT Distribusi Ruang Waktu dan turut hadir Direktur PT Ruang Waktu Hesro Simanjuntak,” papar Merry selaku Area Sales Manager Sumatera khusus project.

Turut Hadir dalam kesempatan tersebut, Kabid Dikdas Basrah, Kasi di lingkungan bidang persekolahan Disdik Batu Bara, Ketua K3S, kepala sekolah dan operator sekolah.(red.01)

iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *