Ketua TP PKK Batubara Sosialisasi Digital Perbankan Bank Sumut

Foto: Ketua TP PKK Ny Maya Indriasari Zahir SE saat sosialisasi Digital Perbankan Bank Sumut.(ersyah/ist)

BATU BARA.Ersyah.com l Seiring perubahan zaman yang semakin berkembang, termasuk dalam hal bertransaksi, internet kini menjadi pilihan para pelaku usaha dalam melakukan transaksi dengan konsumennya termasuk dalam kemudahan bertransaksi.

“Kedepannya para pelaku UMKM di Batubara. Sebab kami menerima dengan pintu terbuka kepada pihak Bank Sumut yang hadir pada hari ini untuk mewujudkan kemudahan bertransaksi tersebut dengan hadirnya produk perbankan terhadap para pelaku UMKM di Kabupaten Batubara,”kata Ketua TP PKK Ny Maya Indriasari Zahir SE saat sosialisasi Digital Perbankan Bank Sumut.

“Seperti QRIS Bank Sumut pada hari ini akan dicontohkan oleh Batu Bara MART, dapat memanfaatkan dengan sebaik-baiknya agar UMKM terus maju dan tidak tertinggal, karena sejatinya UMKM adalah penopang perekonomian masyarakat,”terangnya.

Dalam sosialisasi produk perbankan dan sekaligus menyerahan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) kepada Batubara Mart, Rabu (31/3/21) di Aula Rumah Dinas Bupati Kompleks Perumahan Inalum Tanjung Gading Kecamatan Sei Suka.

Lembaga Pengkajian Pangan Obat-Obatan Dan Kosmetik Majelis Ulama Indonesia Sumatera Utara (LP POM MUI SU) juga memberikan Sertifikat Halal Kepada 7 Pelaku Usaha Kabupaten Batubara.

Sebelumnya, Pimpinan Cabang Bank Sumut Batubara M Zaini menjelaskan, penerapan QRIS maka Bank Sumut melaksanakan sosialisasi, kepada pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Batubara dibawah binaan TP PKK Batubara.

“Inilah salah satu produk yang kita tawarkan kepada Batubara Mart, sekarang kita sudah saling memiliki handphone, apalagi kita sudah memiliki aplikasi Sumut mobile dan sudah bisa bertransaksi pembayaran,”ujar Zaini.

Dijelaskan, adanya aplikasi sumut mobile kita sudah bisa bertransaksi pembayaran apa saja,seperti pembayaran BPJS, Pajak bermotor dll, kita tidak lagi perlu datang kekantor cukup melalu aplikasi Sumut mobile saja, ini adalah bagian dari evensiensi Bank Sumut.

“Saya mengucapkan terimakasih atas dukungan Pemkab Batubara kepada bank Sumut Lima Puluh yang sudah mendukung bank sumut, Bank Sumut Lima Puluh ini salah satu bank yang dimilik pemkab Batubara,”ujarnya Zaini

Deputi Perwakilan Siantar Bank Indonesia Abdullah Haris, sosialisasi ini kebijakan sistem pembayaran terkini, uang elektronik dan QRIS’ bertujuan untuk edukasi bagi pelaku UMKM terkait sistem pembayaran melalui QRIS untuk mendorong Batubara mart, sistem digital upaya membangkitkan perekonomian di sumut khususnya di Kabupaten Batubara.

Menurut Abdullah, berbicara mengenai sistem pembayaran perkembangan teknologi saat ini, kita mau tidak mau harus mengikutinya dengan kemajuan teknologi, dan sistem pembayaran khususnya pembayaran nontunai seperti mobile banking, e-money dan fintech menandai peralihan tren pembayaran dari sistem tunai menjadi nontunai.

“BI terus bersinergitas kepada Pemerintah kabupaten/kota dalam mendorong berbasis pembayaran nontunai, ini teknologi terbaru,”sebutnya

Abdullah Haris, hadirnya QRIS ini membuat pengguna aplikasi pembayaran nontunai tidak perlu memiliki terlalu banyak aplikasi, karena hanya dengan memiliki satu aplikasi saja dapat digunakan untuk melakukan pembayaran di berbagai merchant.

“Tentunya ini sangat memudahkan kita, termasuk para pelaku UMKM,”jelasnya.

Plt Kadis Koperasi dan UMKM Arip Hanafi menyampaikan sebagai pelaku UMKM dan pendorong perekonomian masyarakat Batubara. Khususnya cara itu sudah kita pikirkan betul-betul dalam setiap program yang di usung oleh dinas koperasi dan UKM.

“Kami sangat mendukung produk kekinian dari Bank Sumut QRIS ini dapat menjadi alat transaksi pembayaran apa saja. Melihat zaman semangkin maju ini dapat kita Implementasikan dalam keseharian kita melalui transaksi mengunakan uang tunai menjadi non tunai dan harus memiliki tabungan di bank Sumut,”ungkapnya.(red.01)

iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

iklan