Pers Mempunyai Keterampilan dan Berkompeten Menjadi Profesional

Foto: Sekdakab Batubara Sakti Alam Siregar SH diabadikan bersama pengus IJTI Pusat, Sumut, Batubara dan 14 peserta UKJ TV.(ersyah/ist)

BATU BARA.Ersyah.com l Peran media massa dan media elektronik terutama televisi sangatlah penting dalam penyebaran program program pemerintah, apa lagi di masa pandemi Covid-19. Untuk itu sangat penting bagi wartawan mengikuti Uji Kompetensi wartawan (UKW) atau Uji Kompetensi Jurnalis (UKJ) Televisi.

“Ini merupakan yang sangat penting bagi profesi wartawan, sebab Pers Mempunyai Keterampilan dan berkompeten menjadi Profesional,”kata Bupati Batubara Ir Zahir MAP melalui Sekdakab Sakti Alam Siregar SH saat membuka UKJ Televisi Muda, Sabtu (19/6/21) di Aula Rumdis Bupati Kompleks Perumahan Inalum Tanjung Gading, Kecamatan Sei Suka.

Dijelaskan, Pemkab Batubara sebelumnya bersama PWI menggelar UKW. Hari ini kita bersama IJTI membuat UKJ TV, sebagai bentuk peduli Pemkab Batubara kepada awak berbagai media.

iklan

“Peran pers harus mempunyai keterampilan yang baik, maka perlunya sebagai pers harus mengikuti UKW / UKJ, agar menjadi pers profesional,”ujarnya.

Selain itu, Pers merupakan Pilar ke 4 dalam demokrasi. Sebab profesi pers menyampaikan informasi kepada masyarakat.

Kabid Humas Diskominfo Kabupaten Batubara Rizqy Harahap, UKJ TV jenjang Muda di Batubara diikuti sebanyak 14 peserta yang bekerja di sejumlah stasiun televisi, baik nasional maupun lokal yang digelar selama dua hari dimulai 19 s/d 20 Juni 2021.

“Dinas Komunikasi dan Informatika melihat masih banyak jurnalis terutama untuk media televisi di wilayah Kabupaten Batubara yang belum memiliki kompetensi dan sertifikasi jurnalis. Sebab peran media tentu sangatlah penting dalam penyebarluasan informasi kepada masyarakat, terlebih dimasa pandemi Covid 19.”sebut Rizqy.

Mewakili Ketua IJTI Sumut Syahriful Gandi menyampaikan, UKJ merupakan meningkatkan legalitas sebagai jurnalistik Televisi. Kegiatan UKJ yang digagas Dewan Pers sangatlah baik, maka semua harus mengikutinya.

“Saya mengapresiasi kepada Pemkab Batubara yang sudah menggelar UKJ TV. Tentunya Bupati Batubara Ir Zahir MAP sangat antusias dengan memberikan dukungan dengan selenggarakan UKJ ini,”terangnya.

Syahriful Gandi juga menyampaikan, momen seperti ini sangatlah baik, maka harus di ikuti agar kita berkompentensi untuk menjalankan profesi menjadi wartawan.

“Kita harus tetap maju berkembang dengan kompetensi,”ajaknya memberi semangat.

Amatan wartawan, Sekdakab Batubara memberikan cendera mata berupa kain tenun kepada Ketua IJTI Pusat dan Ketua IJTI Sumut.(red.01)

iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *