TIS Inalum ke-21, Membangun Sinergi Dalam Inovasi

Foto: Para pemenang lomba TIS ke-21 diabadikan bersama.(ersyah/ist)

KUALA TANJUNG.Ersyah.com l PT Inalum menggelar Technology Innovation Seminar (TIS) ke-21 yang dilaksanakan secara virtual melalui Teleconference Zoom di Ballroom Kantor Inalum Kuala Tanjung, Sumatera Utara, Rabu (30/6/21)

Total 4 tim inovator yang melakukan presentasi pada kegiatan tahunan ini berkompetisi di hadapan depan Juri dan sekitar 400 audiens.

Terdiri dari Manajemen dan keluarga besar Holding Industri Pertambangan Indonesia (MIND ID) yang menjadi Induk Inalum siswa/i  SMA dan SMK di sekitar perusahaan serta Dosen dan mahasiswa/i dari beberapa Universitas di Sumatera Utara.

iklan

Group CEO MIND ID, Orias Petrus Moedak mengutarakan harapannya terkait pelaksanaan TIS ini. “Saya berharap dengan adanya event inovasi ini kita dapat terus belajar untuk menjadi lebih baik, karena inovasi itu juga lahir dari bagaimana kita belajar dari kesalahan yang lalu dan memperbaikinya untuk menjadi lebih baik kedepannya,” tutur Orias.

Direktur Pelaksana lnalum, Sophia Isabella Wattimena berharap kegiatan TIS yang dilaksanakan sejak tahun 2005 dapat terus dilaksanakan kedepannya.

“TIS 2021 kali ini berhasil mengumpulkan 22 inovasi yang terdiri dari 12 inovasi kategori operasional dan 10 inovasi kategori administrasi, harapannya kegiatan TIS dapat terus dilaksanakan secara berkesinambungan sehingga mampu menghasilkan innovator-innovator unggul yang mampu bersaing secara global,”harap Sophia.

Dikesempatan yang sama, Komisaris Utama MIND ID, Doni Monardo menyampaikan, inovasi yang lahir dari TIS dapat disinergikan dengan seluruh pihak.

“Inovasi yang terlahir dalam TIS ini semoga dapat disinergikan kepada seluruh elemen pemangku kepentingan terkait, sehingga inovasi-inovasi yang diajukan dapat berjalan dengan baik dan mampu turut berkontribusi bagi masyarakat sekitar,”pintanya.

TIS ke-21 ini, ada 4  inovasi terbaik yang berhasil lolos seleksi dan dipresentasikan pada hari-H.

Ketua Pelaksana TIS, Edi Mugiono, dalam laporan menyampaikan,  “Seleksi panjang dilakukan sesuai dengan 6 aspek yaitu Application of Idea, Originality of Idea, Writing Structure, Presenting Structure, Impact of Innovation dan How to Implement, hingga akhirnya melalui rapat diputuskan 4 judul inovasi terbaik yang dapat dipresentasikan pada hari-H acara TIS,” terang Edi.

Selain itu, TIS ke-21 ada 4 dewan juri menilai 4 inovasi yang dikompetisikan yaitu,  Koordinator Analisis Ekonomi dan Sektor Industri Kementerian BUMN Sitta Rosdaniah, Dekan Fakultas Teknik USU Dr. Ir. Fahmi, ST, MSc IPM, Direktur Hubungan Kelembagaan MIND ID Dany Amrul Ichdan dan Direktur Pelaksana INALUM Sophia Isabella Wattimena.

Acara TIS ke-21 juga diselingi dengan kuis online bagi para audiens dan sesi polling presenter terfavorit. Hasil TIS ke-21 diumumkan dimenangkan oleh Dhiya Irfano Azmi dengan judul inovasi “Increase Availability of Power Generation with Installation External Oil Cooler & Dust Collector System in Siguragura Power & Tangga Power”.

Sebagai informasi, Technology Innovation Seminar (TIS) ini merupakan agenda tahunan lnalum sejak tahun 2005, dimana inovasi-inovasi pegawai lnalum dipresentasikan tidak hanya secara internal tetapi juga kepada civitas academica di sekitar perusahaan.(red.01)

iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *