Pemagangan dan Pelatihan Kerja di Batubara

Foto: Bupati Batubara Ir Zahir MAP saat memberikan arahan.(ersyah/ist)

BATU BARA.Ersyah.com l Kegiatan Pemagangan dalam Negeri Program Pendidikan dan Pelatihan Vokasi Provinsi Sumatera Utara, dibuka Bupati Batubara Ir Zahir MAP, Jum’at (9/7/21) di Ballrom Singapore Land City Hotel Kecamatan Sei Balai.

Tujuan pelatihan upaya meningkatkan pengetahuan pengalaman dan produktifitas serta mampu bersaing seiring dengan tumbuhnya kawasan industri  yang datang.

Kadis Naker Provinsi Sumatera Utara Baharuddin Siagian SH MSi menyampaikan,  apresiasi kepada Bupati Batubara yang ikut membantu mensukseskan acara tersebut.

iklan

Pelatihan dilakukan selama 5 bulan, peserta mendapatkan fasilitas uang saku Rp 1 juta perbulan dan Asuransi selama magang serta sertifikat magang.

Keseluruhan peserta pemagangan dan pelatihan sebanyak 300 orang yang dilaksanakan dua tahap. Untuk tahap pertama Medan 100 peserta, Asahan 10 peserta, Batu bara 10 peserta. Sisanya akan dilatih pada tahap berikutnya.

”Teruntuk adik – adik peserta magang kiranya nanti bisa meningkatkan skill keterampilan pengembangan diri dalam pekerjaan, yang nantinya bisa berguna untuk bekerja dalam negeri maupun luar negeri,”ujarnya.

Baharuddin berharap para peserta magang lebih bisa produktif, efektif dalam bekerja. Sehingga Tingkat pengangguran di Provinsi Sumut bisa berkurang.

“Pemerintah Provinsi Sumatera Utara tetap berperan aktif untuk membangun SDM, dengan ditandai tahun 2022 akan membangun kawasan diklat terpadu di Sibolangit,”terang Kadis Naker Sumut.

Sementara Bupati Zahir mengucapkan terima kasih kepada Kadis Naker atas kegiatan yang sangat bermanfaat, terlebih ditengah – tengah masa sulit pandemi Covid 19.

“Peserta magang merupakan adik – adik dan anak – anak yang paling beruntung dari anak – anak muda diluar sana karena terpilih mendapat kesempatan mengikuti magang dan pelatihan kerja ini. Bulan depan juga Pemkab Batubara akan mengadakan pelatihan bagi anak – anak muda Batubara, seperti pelatihan bengkel sepeda motor, salon, menjahit dan masih banyak lagi. Ini kita lakukan jg demi mengurangi angka pengangguran,”sebutnya.

Bupati Zahir, sebagai info, Kabupaten Batubara adalah daerah dengan peringkat ke 2 yang memliki pelabuhan terbesar. Kedepannya juga akan menjadi kawasan Industri Nasional.

“Saat ini kita berada direvolusi 4.0 dan akan meningkat 5.0. Untuk itu keterampilan juga harus ditingkatkan. Saya berharap untuk mempersiapkan diri kedepannya, karena Kabupaten Batubara akan dibangun pusat industri terbesar tentunya ini berkat dukungan Bapak Edi Rahmayadi Gubernur Sumut,”terang Bupati Zahir.(red.01)

iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *