Bupati Batubara Buka Program PLB Untuk SDM Terampil

Foto: Bupati Batubara Ir Zahir MAP saat memberi arahan pada para peserta pelatihan.(ersyah/ist)

BATU BARA.Ersyah.com l Bupati Batubara Ir Zahir MAP membuka Program Pelatihan Berbasis Kompetensi, guna untuk meningkatkan skill tenaga kerja dan produktivitas.

Pelatihan ini bekerjasama antara Pemkab Batu Bara melalui UPTD Balai Latihan Kerja Disnaker Kabupaten Batu Bara dengan Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Medan. Yang berlangsung di Aula Rumah Dinas Bupati, Komplek Tanjung Gading Kecamatan Sei Suka, Selasa (21/9/21).

Turut hadir BBPLK Medan yang diwakili oleh Juni Siahaan,MM, Wakil Ketua FKLPI Medan Julianus Ginting, Ketua FKLPI Batu Bara  Ahmad Muzawir, S.Sos, M.Si, Plt Kepala Dinas Ketenagakerjaan Edwin Aldrin Sitorus A.Mk, S.Sos, SE.M.Si dan DPRD Batu Bara Darius, SH, MH.

iklan

Pelatihan berlangsung selama 32 hari diikuti 64 peserta yang berasal dari seluruh kecamatan di Kabupaten Batubara yang nantinya akan dilatih di empat jurusan pelatihan yaitu, pelatihan menjahit, pelatihan pengelasan, pelatihan otomotif dan pelatihan komputer.

Bupati Zahir, kegiatan bertujuan untuk menyiapkan SDM di Kabupaten Batubara, menjadi pekerja yang terampil, sebab banyak pelamar kerja dari Kabupaten Batubara yang tidak diterima perusahaan-perusahaan karena kurangnya keterampilan. Sehingga diharapkan dari kegiatan, semua peserta yang ikut pelatihan dapat diterima di perusahaan tanpa tes, karena mereka sudah memiliki sertifikat dari Balai Pelatihan Kerja yang diketahui Pemerintah Kabupaten.

Bupati juga memotivasi peserta yang mengikuti pelatihan dengan cara memberikan modal usaha bagi peserta terbaik pada masing-masing jurusan.

“Mudah – mudahan dapat mengurangi pengangguran di Kabupaten Batubara,”harapnya.(red.01)

iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *