iklan

Bupati Bantu UMKM Batubara

0
111
Foto: Bupati Batubara Ir Zahir MAP didampingi Ketua TP PKK Ny Maya Indriasari saat menyerahkan gorak secara simbolis kepada pelaku UMKM.(ersyah/ist)
Iklaniklan

SEI SUKA.Ersyah.com l Upaya memulihkan perekonomian masyarakat ditengah pandemi Covid-19.  Bupati Batubara Ir Zahir MAP memberikan bantuan kepada pelaku UMKM, Rabu (13/10/21) di Aula Rumdis Bupati Kompleks Perumahan Inalum Tanjung Gading, Kecamatan Sei Suka.

Bantuan yang diberikan berupa, 20 unit gerobak bakso, 20 unit gerobak kopi, 20 unit mesin espreso dan penggiling kopi, 90 unit tenda, 75 unit meja dan kursi.

Selain Pemkab Batubara, PT. Inalum  juga memberikan bantuan berupa 10 unit gerobak kuliner kayu, yang akan di bagikan kepada masyarakat pelaku UMKM.

Hadir Kepala Departemen Corporate Social Responsibility (CSR) PT Inalum,  Ismail Midi, Ketua TP PKK Ny Maya Indriasari Zahir SE, Plt Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Arif Hanafiah, S.STP, Ketua BKPRMI Batubara Mukhrizal Arif.

Bupati juga menyampaikan pelaku UMKM yanh menerima bantuan  sebelumnya sudah mengikuti pelatihan yang diselenggarakan  Dinas Koperasi UKM untuk mendapatkan hasil produk yang bernilai saing dan ekonomis bagi masyarakat.

“Pemkab Batubara juga memiliki program peningkatan ekonomi kecil berbasis masjid, melalui Dewan Pengurus Daerah Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kabupaten Batubara. Program ini akan diwujudkan dengan membentuk usaha minuman kopi di lingkungan masjid,”kata Bupati Zahir.

Menurutnya, Ide itu bertujuan menarik perhatian para remaja untuk lebih aktif datang ke Masjid. Sehingga setelah mengikuti kegiatan keagamaan, para remaja ini nantinya dapat bersantai minum kopi di wilayah masjid.

“Leralatan produksi ini bertujuan untuk mendukung kemajuan UMKM dan Kelompok Remaja Masjid di Kabupaten Batubara, sebab selama wabah Covid-19 kegiatan ekonomi masyarakat mengalami penurunan yang cukup drastis dan sangat mempengaruhi kepada laju pertumbuhan ekonomi,”terangnya.

Bupati Zahir juga menyebutkan, keberadaan UMKM memiliki peranan besar dalam pembangunan sebuah daerah, khususnya partisipasi perekonomian menjadi salah satu penopang pilar bagi negara.

“Pemkab Batubara akan terus mendukung  program-program yang bertujuan untuk memajukan UMKM,”tukas Zahir.(red.01)

-Iklan-

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here