Fraksi DPRD Setuju Ranperda Perlindungan LPPB di Batubara

Foto: Ketua DPRD M Safi’i SH saat memimpin paripurna.(ersyah/01)
iklan

BATU BARA.Ersyah.com l Penyampaian pemandangan umum Fraksi-fraksi DPRD Batubara terkait pembahasan rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LPPB) di Kabupaten Batubara, Kamis (21/10/21) melalui Rapat Paripurna, di Gedung DPRD Batubara.

Paripurna dipimpin Ketua DPRD M Safi’i SH dihadiri Bupati yang diwakili Sekda Sakti Alam Siregar dan 20 orang anggota DPRD dan perwakilan OPD Batubara.

Juru bicara Fraksi PDIP Dian Suwarno,  meminta Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Ketahanan Pangan dapat memberikan terobosan yang baik untuk pertanian berkelanjutan sehingga memberikan kontribusi pendapatan daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dan pada prinsip setuju untuk pembahasan lebih lanjut sesuai kaedah undang-undang.

iklan

Sama halnya dengan Fraksi PBB yang menilai lahan pertanian di Batubara harus diselamatkan, selain daerah lain, Kabupaten Batubara merupakan lumbung padi di Sumatera Utara.

Meminta pemerintah Kabupaten Batubara dan dinas terkait agar dalam pembahasan nantinya serius membahas permasalahan perlindungan lahan pertanian.

Heri Suhandani Fraksi PPP, sesuai amanat UU Dasar RI 1945 pasal 33 ayat 3, bahwa Bumi dan air dan kekayaan yang terkandung didalamnya dikuasai negara dan dipergunakan untuk kemakmuran rakyatnya. Berdasarkan amanat itu ketahanan pangan secara berkelanjutan juga termasuk didalamnya. Untuk itu F PPP setuju untuk dilakukan pembahasan  Ranperda perlindungan Lahan Pertanian pangan berkelanjutan. Masukan regulasi yang tepat sesuai kultur darah, dan dinas dapat mensosialisasikan pada masyarakat perlindungan lahan pertanian pangan. Dinas PU agar lebih memperhatikan saluran irigasi, karena bila petani gagal panen akibat luapan air atau pun kekeringan bisa peralihan lahan.

Fraksi Gerindra  Saroni, menyambut baik langkah kongkrit melindungi lahan pertanian, tidak keberatan sepanjang menjaga dari alih fungsi lahan. Meminta segera dilanjutkan Ranperda untuk di bahas selanjutnya.

Citra Mulyadi Bangun SE Fraksi PKS menyetujui pembahasan Ranperda dilanjutkan, dengan harapan lahan pertanian bisa terlindungi.

Faksi Nasdem Abdul Azis meminta Dinas terkait untuk memetakan data luas lahan pertanian yang sudah di alih fungsikan serta luas yang ada saat ini.

Fraksi Demokrat berharap Perda yang dilahirkan nanti bisa membuat masyarakat petani nyaman semua.

F.PAN apresiasi positip Ranperda untuk melindungi lahan pertanian dan  membuat kemandirian pangan berkelanjutan di Kabupaten Batubara.

Terakhir Fraksi NKB meminta pemetaan lahan pertanian masuk dalam RTRW daerah dan upaya menghindari alih fungsi lahan. Dinas Pertanian dan Dinas PU untuk mengawasi irigasi, sebab masih banyak saluran irigasi pertanian yang perlu perbaikan. Dinas Pertanian dan Dinas PU untuk mengawasi irigasi, sebab masih banyak saluran irigasi pertanian yang perlu perbaikan.

Sementara untuk Fraksi Golkar tidak dibacakan sembab menurut Ketua DPRD M Safi’i pemandangan umum dari Fraksi tersebut sudah disampaikan ke dirinya.(red.01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

iklan