Tanggul Sungai Kualuh Jebol, Satu Rumah Terbawa Arus

Foto: Rumah warga Dusun Kampung Selamat Desa Sialang Taji, Kecamatan Kualuh Selatan, Kabupaten Labura terbawa arus.(ersyah/F.Sinaga)
iklan

LABURA.Ersyah.com l Hujan deras yang terus mengguyur sejumlah wilayah di Kabupaten Labura Provinsi Sumatera Utara sejak minggu pagi. Membuat sungai kualuh meluap, sehingga tanggul penahan jebol di tiga titik dan menghanyutkan satu unit rumah warga di Dusun Kampung Selamat Desa Sialang Taji, Kecamatan Kualuh Selatan Kabupaten Labura, Kamis (18/11/21).

Derasnya air arus sungai yang meluap menghanyutkan satu rumah warga sejauh 7 meter akibat dari jebol nya tanggul penahan sungai kualuh. Seluruh bagian bangunan rumah terbawa air hingga rusak parah.

Edis Tambunan (36) korban banjir saat ditemui wartawan menyebutkan, kejadian akibat dari hujan deras beberapa hari terakhir di hulu sungai dan meluapnya sungai kualuh sehingga tanggul penahan air sungai kualuh jebol , tepat di dekat pemukiman warga Dusun Kampung Selamat.

iklan

“Kejadian sekira pukul 19.30 wib, waktu itu kami berada dalam rumah, tiba- tiba ada bocor ditanggul bawah, semakin lama semakin besar membuat tanggul jebol dan air sungai langsung menghantam rumah saya,”ujarnya.

“Saat air datang secara tiba-tiba saya dan keluarga langsung berlarian ke benteng untuk menyelamatkan diri, dan tidak sempat menyelamatkan harta benda,”ungkapnya.

Edis mengharapkan bantuan dari Pemerintah baik dari Pemerintahan Desa maupun Pemerintah Kabupaten agar ia dan keluarganya bisa punya tempat tinggal.

Tidak ada korban jiwa, karena penghuni sudah bisa menyelematkan diri sebelum hanyut, namun, para pemilik rumah saat yang berdekatan dengan suanga  diungsikan ke lokasi aman, dan tidak memiliki tempat tinggal lagi, kerugian diperkirakan sekitar ratusan juta rupiah.(F.Sinaga)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

iklan