Relawan KSJ Siaga Bantu Dapur Umum BPBD Padang Lawas

Foto: Posko dapur umum BPBD Padang Lawas bersama KSJ untuk membantu korban banjir bandang.(foto. KSJ Pusat)

P. LAWAS.Ersyah.com l Sekira 421 rumah warga rusak, akibat banjir bandang yang melanda desa di Kecamatan Batang Lubuk Sutam, Kabupaten Padang Lawas, Sumatra Utara.

Ditambah 123 rusak berat, 74 rusak sedang dan 224 rusak ringan.

Banjir bandang ini juga merusak sejumlah sekolah dan fasilitas umum.

iklan

Sesuai laporan Kepala BPBD Padang Lawas, banjir bandang juga menumbangkan 9 tiang listrik, merusak bangunan SDN Desa Tamiang, asrama dan pemondokan santri Ponpes Nizhomul Hikmah, bangunan masjid, jembatan gantung di desa Tamiang.

Menurut Kepala BPBD Padang Lawas, Amit Hadi Nasution, pasca kejadian bencana alam tersebut, pemerintah daerah bekerja sama dengan TNI dan Polri langsung melakukan evakuasi material banjir bandang dari lokasi pemukiman warga di lima desa terparah. Petugas juga telah mendirikan posko pelayanan kesehatan, dapur umum dan tempat pengungsian untuk para korban banjir bandang itu.

“Kami sudah sampai dilokasi bencana dan bersama BPBD Padang Lawas KSJ akan siaga relawan di dapur umum untuk membantu memasak,”kata Ketua Umum KSJ Pusat Saharuddin kepada media (5/1/22) di Posko BPBD Padang Lawas.

Dijelaskan, Komunitas Sedekah Jumat (KSJ) binaan Kapolres Batubara AKBP H Ikhwan Lubis SH MH juga telah melepas bantuan bahan pangan dan sembako yang dihimpun pengurus pusat dari relawan dan donatur.

Tim KSJ yang berada di Padang Lawas diantaranya, Andy Setiawan, Wahid Iskandar Barus dan Ilyas Sitorus  yang ikut serta dalam rombongan relawan,  mengkoordinir keberangkatan logistik dari posko induk ke dapur umum di lokasi bencana, berkolaborasi dengan Pengurus DPD AMPI dan Satma.

“Relawan KSJ turun ke Padang lawas bersamaan dengan kedatangan Ibu Risma Menteri Sosial Republik Indonesia,”terang Saharuddin.(red01)

iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *