Agustus-Desember 2021, Dishub Batubara Sudah Melayani 500 Kendaraan

  • Bagikan
Foto: Kadis Perhubungan Kabupaten Batubara Jonnis Marpaung (ersyah/01)
iklan

BATUBARA.Ersyah.com l Diluncurkan program Bukti Lulus Uji Elektronik (BLUe) pada Bulan Agustus 2021 lalu, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Batubara sudah melayani ratusan kendaraan bermotor.

“Kita meluncurkan program BLUe ini sudah ada lebih kurang 500 kendaraan bermotor terdiri dari minibus, angkutan umum dan juga angkutan barang sperti truk coldisel,”kata Kadishub Kabupaten Batubara Jonnis Marpaung.

Dijelaskan, sebelum BLUe ,kita ada prodak uji secara manual, namun diera digitalisasi ini sehingga terjadi inovasi sejak 2021 bulan Agustus telah menerapkan bukti lulus uji elektronik.

Disini kita bisa membedkan antara buku uji dan uji elektronik. Buku uji lebih muda dipalsukan sedangkan uji elktronik. Sangat kecil untuk dilakukan penipuan.

“Ini salah satu terobosan dari Dinas Perhubungan, Kabupaten Batubara,”ujarnya.

Jonnis mengaku, jika dibandingkan dengan jumlah kendaraan yang ada di Kabupaten Batubara jumlahnya mencapai 6000 unit masih jauh. Namun meskipun demikian, dalam kurun waktu bulan Agustus – Desember 2021 melakukan uji BLUe terhadap 500 kendaraan.

“Kita berharap kepada pengusaha transportasi untuk bisa menyadar diri pentingnya pengujian berkala yang dilakukan setiap 6 bulan sekali wajib dilakukan untuk memperkecil kecelakaan lalu lintas,”pintanya.

Menjawab wartawan terkait manfaat BLUe, Jonnis, diawal tadi sudah saya  dijelaskan,  peralihan dari buku uji manual ke  bukti uji elektronik sangat perkecil pemalsuan.

“Melaksanakan pengujian kendaraan umum maupun track barang itu penting menjaga keselamatan diri dan orang lain,”ucapnya.

Terkait rencana razia berkala untuk menertibkan mobil barang, angkutan umum sekaligus memeriksa bukti lulus uji.

“Ya. Itu bakal kita lakukan, sebab ada banyak kendaraan yang tidak layak beroperasi lagi tetap digunakan,”terang Jonnis. (red01)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.