KISS Tanah Gambus Pelatihan Pembuatan Jamu Saintifik

  • Bagikan
Foto: Ny Luluk Williams, KISS Tanah Gambus diabadikan bersama pengurus PKK Desa Perk. Lima Puluh disela-sela kegiatan pembuatan jamu saintifik.(ersyah/01)
iklan

BATUBARA.Ersyah.com l Kumpulan Isteri Staf Socfindo (KISS) perkebunan tahan gambus menggelar acara pelatihan pembuatan jamu saintifik, Seni (7/2/22)di Desa Perk. Tanah Gambus, Kecamatan Lima Puluh, Kabupaten Batubara, Sumatra Utara.

Pelatihan ini di inisiasi Ny Luluk Williams, Ny Heny Suwignyo, Ny Indun Mindiarna dan Ny Erikson Ginting,  dibuat untuk dua desa dilingkungan perkebunan PT Socfindo Tanah Gambus, Desa Perk Lima Puluh dan Desa Perk Tanah Gambus.

Sebagai peserta pelatihan diambil pengurus PKK dari dua desa tersebut.

Ny Luluk Williams menyampaikan, pelatihan pembuatan jamu tidak ada yang di tutupi, sebab bahan baku tradisional dari tanaman obat keluarga (Toga).

“Jamu herbal tradisional ini adalah hasil penelitian Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Jadi ini bukan katanya ke katanya,”ujarnya.

Luluk Williams juga menjelaskan, bahan baku obat ini adalah alami yang bisa ditanam di pekarangan rumah.

“Kami ada membuat taman herbal, bisa dikunjungi part kami di Bangun Bandar, Tebing Tinggi. Disana ada khusus tempat konservasi yang didalamnya ada 1000 lebih jenis tanaman obat,”katanya.

Untuk tempat itu, menurut Luluk Williams, sudah di kunjungi ibu-ibu PKK dari Labura dan Tapsel, yang diperkirakan ada 200 desa datang melihat.

“Terpenting hari ini kita melatih bagaimana cara memasak jamu yang benar dengan resep sudah ada. Tinggal menyiapkan bahan-bahan nya. Apa pun yang ibu dapat disini dan tertulis di buku ini, bukan karangan -karangan kami, tetapi ini adalah yang sudah dibuktikan dan sudah di teliti,”ungakapnya.

Luluk, pelatihan hari ini membuat lima ramuan jamu penyakit umum orang Indonesia seperti, tekanan darah tinggi, kencing manis, kolestrol, asam urat dan radang sendi.

“Ini semua ada jamu nya, hari ini kita buat pelatihannya dan bahan ramuan sudah kita siapkan, tidak ada yang rahasia, semua ada disini. Resep nya di keluarkan pemerintah, kita hanya tata cara meracik yang benar, jadi ibu-ibu bisa membuat sendiri nantinya di rumah,”jelasnya.

Ny Luluk Williams sebelumnya menyerahkan, Kompor gas, buku resep jamu, dan beberapa tanaman obat-obatan keluarga (Toga).

Kepala Desa Perk Tanah Gambus Pairin berterima kasih kepada Menagemen perusahaan Socfindo yang mau melatih ibu-ibu PKK untuk meracik jamu tradisional.

“Keberadaan Socfindo adalah untuk  memberikan lebih banyak manfaat bagi masyarakat. Semoga ini dapat berjalan terus, sehingga obat  berkhasiat untuk kesehatan keluarga. Bahkan bisa untuk orang banyak,”ucap Kades.

Informasi dihimpun, sebelum kegiatan pelatihan, Ny Luluk Williams didampingi Kumpulan Isteri Staf Socfindo, Group Man II PT Socfindo Erikson Ginting, Pengurus kebun Tanah Gambus Joni Makri Sitepu, Askep M Irsan Dompu, Teknik 1 Adji Indra Prapanca, Terknik 2 M Syaiful Iqrom, mengeliling setiap devisi di perkebunan tanah gamus.

Kegiatan itu guna memeriksa perumahan karyawan dan pegawai. Pemberian penghargaan rumah sehat, kunjungan ke TPA , PAUD dibawah naungan PT Socfindo yang dirangkai pelatihan sikat gigi dan cuci tangan yang benar terhadap anak-anak PAUD.(red01)

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.