Maya Zahir: Duta Menjadi Influencer Opinioneader dan Motivator

Foto: Ny Maya Indriasari Zahir saat memberi arahan pada siswa/i SMP dan melihat langsung mobil perpustakaan keliling besama siswa/i.(foto.Kominfo Batubara)

BATUBARA.Ersyah.com l Bunda Literasi Kabupaten Batubara, Ny Maya Indriasari Zahir mengukuhkan siswa/siswi Duta Literasi dan Duta lingkungan UPT SMP Negeri 1 Datuk Lima Puluh dan Kecamatan Datuk Tanah Datar, Kabupaten Batubara, Sumatra Utara, Senin (14/2/22).

Pengukuhan ini upaya untuk meningkatkan kesadaran pentingnya membaca dan cinta lingkungan kepada siswa/siswi Unit Pelaksana Teknis (UPT), Sekolah Menegah Pertama (SMP).

Duta Literasi dan Duta lingkungan Unit Pelaksana Teknis (UPT) SMP Negeri 1 Datuk Lima Puluh. Yang dibentuk dari anak-anak pilihan dengan kemampuan literasi yang mumpuni.

iklan

Maya Zahir menyampaikan, literasi sekolah merupakan motivasi untuk menumbuhkembangkan minat baca dan tulis para siswa. Pemerintah Batubara juga menyediakan layananan perpustakaan keliling seperti bus dan sepeda motor.

“Untuk Duta Literasi terpilih 13 pelajar merupakan siswa siswi pilihan, dan Duta Lingkungan 22 peserta didik dikukuhkan,”ujarnya.

Dijelaskan, para siswa/siswi yang terpilih berperan untuk mewujudkan sekolah berbudaya cinta lingkungan dengan menerapkan prinsip lingkungan asri. Sekolah juga telah memberikan fasilitas green house sebagai wadah pembibitan tumbuhan.

Duta Literasi dan Duta Lingkungan dapat menjadi influencer, opinion leader dan motivator untuk siswa lainnya dalam membangun karakter siswa gemar membaca, berwawasan dan perduli terhadap lingkungan.

“Kehadiran Duta – Duta ini kedepannya dapat meningkatkan motivasi membaca masyarakat dan menanamkan rasa cinta dan peduli kepada lingkungan hidup,”harapan Maya Zahir.

Robiatul pelajar SMP Negeri 1 Datuk Lima Puluh mengaku senang menjadi Duta Literasi.  Ia berjanji akan berupaya menumbuhkan minat baca teman-temannya untuk menambah wawasan.

Kegiatan juga diikuti Dinas Perpustakaan Batubara yang menghadirkan layanan perpustakaan keliling.(red01)

iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *