Inalum Latih Pemuda Sekitar Perusahaan Gunakan Alat Berat

Foto: Para Pemuda Kabupaten Batubara saat mengikuti pelatihan penggunaan alat berat excavator.(foto.Humas Inalum)

BATUBARA.Ersyah.comKerjasama dengan United Tractor School, PT Inalum (Persero) membuat pelatihan penggunaan alat berat Excavator bagi pemuda sekitar wilayah operasional Inalum.

Pelatihan dilaksanakan di Pekanbaru dimulai sejak tanggal 11 Januari – 11 Maret 2022.

Senior Vice President CSR/PKBL Inalum, Ismail Midi melalui pesan WhatsApp bagian humas Inalum diterima, Jum’at (18/2/22) menyampaikan, program itu merupakan komitmen perusahaan untuk memberikan pendidikan keahlian kepada masyarakat sekitar terutama pemuda yang masih belum mendapatkan kesempatan pekerjaan.

iklan

Melalui program itu diharapkan seluruh peserta dapat segera lulus sertifikasi dan mendapatkan pekerjaan dengan keahlian baru tersebut.

“Kami melihat masih banyak pemuda di sekitar perusahaan yang belum mendapatkan pekerjaan, karena itu program ini kami rasa berguna sebagai upaya mengurangi pengangguran usia produktif.  Apa lagi peserta yang lulus dari program ini mendapatkan surat izin mengoperasikan alat berat (lisensi) dan sertifikat dari United Tractor School yang sangat bernilai sebagai bekal dan keahlian baru dalam rangka memperoleh pekerjaan sebagai operator alat berat excavator,”ujarnya.

Disebutkan, pelatihan diikuti 10 pemuda dari 3 desa terdekat perusahaan yaitu, Desa Lalang, Desa Kuala Indah dan Desa Kuala Tanjung, Kabupaten Batubara.

Sebelum pelatihan di lapangan, selama satu minggu pertama peserta dibekali materi terlebih dahulu melalui via kanal daring mengenai teori dan standar keselamatan pengoperasian alat berat.

Kemudian, peserta dikirim ke Pekan Baru untuk dilatih secara langsung bersama United Tractor School.

“Pelatihan ini tetap memenuhi protokol kesehatan untuk mengurangi risiko terjadinya klaster Covid-19 serta peserta diwajibkan karantina selama 3 hari sebelum pelatihan,”terangnya.

Ismail Midi, program dari tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) Inalum bidang pendidikan berkualitas yang mendorong peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) sekitar perusahaan. Dengan tujuan memilki kemampuan bersaing dalam dunia kerja dibidang proyek pembangunan dan pengoperasian alat berat.

“Targetnya semua peserta lulus uji kelayakan mengoperasikan excavator dan dapat memperoleh sertifikat dri United Tractor sekaligus surat izin operasi alat berat dri Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnaker),”tutup Senior Vice President CSR/PKBL.(red01)

iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *