Edukasi Bendahara dan Operator OPD Soal E-Bupot di Batubara

  • Bagikan
Foto: Bupati Batubara Ir Zahir MAP saat pelaksanaan eksekusi bendahara OPD Pemkab Batubara tentang E-Bupot, didampingi Ka BPKAD H.Hakim dan Kepala Kantor KPP Pratama Kisaran.

BATUBARA.Ersyah.comElektronik Bukti Potong (E-Bupot) bertujuan memberikan kemudahan dalam administrasi pajak, seperti membuat bukti pemotongan dan melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) melalui satu fitur secara online.

“SPT adalah laporan pajak yang disampaikan kepada pemerintah melalui sebuah instansi resmi yang menangani pajak di Indonesia, yakni Direktorat Jenderal Pajak (DJP),”kata Bupati Batubara Ir Zahir MAP, Selasa (8/3/22) di Aula Rumdis Bupati Kompleks Perumahan Inalum Tanjung Gading, Kecamatan Sei Suka, Batubara, Sumatra Utara.

Bupati Zahir saat membuka kegiatan edukasi pajak Elektronik Bukti Potong (E-Bupot) bagi Bendahara Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se Kabupaten Batubara, juga menyampaikan agar semua yang hadir mengikuti kegiatan dengan baik.

“Dengan adanya aplikasi E-Bupot, maka setiap operator OPD dapat melakukan pemotongan pajak yang telah ditetapkan pemerintah pusat,”ujarnya.

Zahir juga mencontohkan pemakaian E-Bupot dengan membayarkan SPT tahunan-nya. Karenanya diminta seluruh pejabat, stakeholder, dan masyarakat juga melakukan hal sama, agar pembangunan Batubara dapat meningkat.

Kegiatan itu juga dirangkai dengan mensosialisasikan kenaikan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) yang naik sebesar 1 persen. Sebelumnya 10 persen menjadi 11 persen, terhitung mulai 1 April 2022.

Turut hadiri Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kisaran, Maman Surahman bersama Tim Pajak, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) H.Hakim, serta Bendahara dan operator OPD Pemkab Batubara.(red01)

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.