Bupati Zahir Buka Puasa di Desa Penghasil Ternak dan Sawit

  • Bagikan
Foto: Bupati Batubara Ir Zahir MAP saat menyerahkan beras kepada lansia kurang mampu, di sela sela safari ramadhan Desa Sei Suka Deras.(foto. Diskominfo Batubara)

BATUBARA.Ersyah.com l Tim safari Ramadhan Pemkab Batubara, dipimpin Bupati Ir Zahir MAP, buka puasa bersama masyarakat Desa Sei Suka Deras, Kecamatan Sei Suka, Batubara Sumatra Utara Jum’at (8/4/22).

Di desa yang merupakan salah satu  mata pencaharian terbesar warganya sebagai peternak lembu dan petani sawit ini, Bupati Zahir memberikan bantuan sembako kepada 50 orang kaum dhuafa, penggali kubur, nazir masjid dan guru ngaji. Bantuan 1 unit sound system untuk Masjid Nurul Ikhlas, bantuan dana hibah kepada Musholla Nurul Khomar Desa Pematang Kuing dan Masjid Al-Huda Desa Kuala Indah.

iklan

Bupati Zahir dalam pertemuan itu mengajak masyarakat yang telah vaksin dosis kedua untuk melanjutkan ke dosis booster agar mendapatkan herd immunity di tubuh.

Selain itu mengingatkan kepada masyarakat untuk membantu Pemerintah dalam penanganan stunting.

“Ke depannya para calon pengantin akan diberikan sosialisasi program sebelum menikah. Tujuan agar masyarakat yang menikah, menjadi seorang ayah dan ibu bisa memahami kebutuhan gizi, sehingga stunting bisa dicegah. Pencegahan stunting dimulai dari calon pengantin sesuai dengan program Kementerian Agama bekerjasama dengan BKKBN,”katanya.

Menurut Zahir, di Kabupaten Batubara stunting mencapai angka 30.8℅. Untuk itu seluruh Kepala Desa akan melaporkan kepada Kecamatan dan Dinas Kesehatan untuk mendata dan mengukur kembali anak – anak.

Untuk mencegah stunting, Kepala Desa memantau dan mendata pasangan muda yang menikah dan ibu hamil. Sehingga Dinas Kesehatan yang dapat memberikan bantuan paket gizi tambahan dan generasi penerus di Kabupaten Batubara tidak lagi mengalami stunting.

Safari ramadhan ini merupakan program tahunan Pemkab Batubara sebagai ajang silaturahmi untuk mendekatkan diri kepada masyarakat, menjadikan masyarakat Kabupaten Barubara berbudaya dan religius.

Sebelumnya Kepala Desa Sei Suka Deras menjelaskan, lembu ternak yang dipelihara di desa tersebut mencapai hampir seribu ekor dan perkebunan sawit milik masyarakat juga terbilang luas.

Ia juga berterima kasih kepada Bupati Batubara karena sudah membangun jalan di desanya sepanjang 3500 meter.

“Masyarakat Desa Sei Suka Deras bangga dan berterima kasih kepada Bapak Zahir,”ucapnya.(red01).

iklan
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.