Wabup Batubara Pimpin Apel Ops Ketupat Toba Idul Fitri 1443 H

  • Bagikan
Foto: Wakil Bupati Batubara Oky Iqbal Frima SE berasama perwira Apel mengecek kesiapan pasukan operasi ketupat Toba 2022.(foto. Humaspol Batubara)
iklan

BATUBARA.Ersyah.comPelaksanaan apel pasukan operasi Ketupat Toba 2022, digelar Jum’at (22/4/22) di halaman Mapolres Batubara, Sumatra Utara.

Bertindak sebagai pimpinan apel Wakil Bupati (Wabup) Batubara Oky Iqbal Frima SE.

Apel ini mengangkat tema “Apel Gelar pasukan Operasi Ketupat Semeru 2022 wujud sinergi Polri dengan Instansi Terkait, untuk menjamin masyarakat aman dan sehat dalam perayaan Idul Fitri 1443 H di wilayah hukum Polres Batubara”. Dilaksanakan serentak di seluruh Polda dan Polres se-indonesia dalam rangka mengecek kesiapan operasi kepolisian terpusat tahun 2022.

Wabup Oky lqbal Frima dalam amanatnya menyampaikan, Apel pasukan operasi Ketupat Toba 2022 ini untuk menciptakan situasi Kamtibmas aman dan kondusif pada perayaan hari raya Idul Fitri 1443 hijriah. Perayan hari raya Idul Fitri sudah menjadi bagian tradisi masyarakat Indonesia untuk kegiatan ibadah, berkumpul dan bersilaturahmi. “Pemerintah telah menetapkan libur nasional hari raya idul fitri 1443. Berbeda dengan tahun lalu, untuk tahun ini pemerintah memberikan kelonggaran kepada masyarakat melaksanakan Mudik Lebaran,”ujarnya.

Oky, pergerakan masyarakat dan mobilitas yang akan melaksanakan mudik lebaran mulai terlihat, walaupun saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19, sudah terkendali, namun tetap melaksanakan aturan prosedur protokol kesehatan yang sudah ditentukan pemerintah. Sehingga adanya kemungkinan terjadinya transmisi Covid-19 bisa kita kendalikan.

“Polri didukung TNI, pemerintah daerah, pemangku kepentingan lainya terus bersinergi dalam mensukseskan pelaksanaan Operasi Ketupat Toba 2022 ini. Petugas gabungan terus melaksanakan kegiatn rutin yang ditingkatkan (KRYD) dalam rangka cipta kondisi dengan sasaran kelancaran distribusi sembako, gangguan kamtibmas meliputi penyakit masyarakat, 3C, Miras, Judi, Prostitusi, narkoba, petasan dan terorisme,”terangnya.

Selain itu menurut Oky, pengamanan Idul Fitri ini tidak lepas dari kebijakan pemerintah melalui surat Mendagri Nomor 22 tahun 2022 tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat, yang mengambil langkah langkah meliputi. Membuat himbauan dan pengawasan disiplin prokes, Mendorong pengelola tempat wisata dan perbelanjaan untuk memastikan aplikasi PeduliLindungi. Penjagaan dan pengamanan ibadah sholat idul fitri di masjid dan lapangan. Mengawasi mobilitas transportasi dengan rekayasa lalu lintas agar meminimalisir kemacetan dan konsentrasi arus mudik dan arus balik. Kemudian, melakukan swab tes acak serta memastikan bahwa pelaku perjalanan sudah mendapatkan vaksin Boster.

“Ini upaya yang dilakukan dengan melihat potensi potensi kerawanan, potensi potensi keamanan. Misalnya kelancaran lalu lintas juga keamanan  kejahatan konvensional itu perlu diantisipasi,”jelas Oky.

Apel Pasukan ini turut dihadiri  Kapolres Batubara AKBP Jose DC Fernandes SIK, Dandim O208 diwakili Danramil Lima Puluh Kapten Inf N Panjaitan, Sat Pol PP, Kadishub Jonnis Marpaung, MUI, Perwakilan Kejari Batubara, Toko Pemuda, OKP dan Ormas.(red01)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.