Rakorwil APKASI, 25 KDh MoU Kerjasama Antar Daerah di Sumut

  • Bagikan
Foto: Bupati Batubara Ir Zahir MAP diabadikan bersama kepala daerah se- Sumatra Utara dalam Rakorwil APKASI wilayah Sumut.(foto.Diskominfo Batubara)
iklan

BATUBARA.Ersyah.comRapat koordinasi wilayah (Rakorwil) asosiasi pemerintah kabupaten seluruh indonesia (APKASI) Sumatra Utara digelar, Kamis (19/5/22) di Kantor  Bupati Serdang Bedagai, di Sei Rampah, Serdang Bedagai.

Rakorwil APKASI ini diikuti 25 orang kepala daerah (KDh) di Sumatra Utara, termasuk Bupati Batubara Ir Zahir MAP, dalam rangka penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) kerjasama antara daerah di Sumut.

MOU kerjasama antar daerah tersebut sebagai pengikat hubungan yang baik dan seimbang.

Sementara di pendopo aula rumah dinas Bupati Serdang Bedagai, para kepala daerah melakukan koordinasi lebih lanjut terkait kolaborasi antar kabupaten.

Ketua umum APKASI, Sutan Riska Tuanku Kerajaan yang juga Bupati Kabupaten Dharmasraya, dalam rapat membahas kerjasama antar daerah dalam rangka peningkatkan pendapatan daerah untuk kesejahteraan masyarakat. Menyusun strategi serta penyelesaian masalah pelaksanaan otonomi daerah. Tujuan mendorong pendapatan antar daerah, melalui sektor UMKM, pertanian, perkebunan, pariwisata dan investasi.

“Kami mendorong pertumbuhan ekonomi daerah yang berinovasi untuk mengatasi permasalahan otonomi dan semuanya akan dilakukan dalam APKASI EXPO pada Juni mendatang. Disini kita akan saling bertukar produk unggulan dan mengundang investor dari luar untuk membeli produk-produk unggulan daerah. Ini untuk meningkatkan ekonomi kecil menengah sesuai dengan misi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo,”kata Sutan Riska.

Bupati Serdang Bedagai, Darma Wijaya yang juga Koordinator APKASI wilayah Sumut, menyampaikan, untuk meningkatkan pendapatan daerah, Kepala Daerah di Sumatra Utara dapat saling melakukan pertukaran dagang untuk memenuhi kebutuhan daerah masing-masing.

“Rakorwil ini tentunya akan memberikan dampak positif yang saling menguntungkan bagi tiap-tiap daerah di Sumatra Utara,”ungkapnya.

Bupati Batubara Ir Zahir MAP sangat mendukung kolaborasi yang nantinya untuk menyejahterakan masyarakat, serta meningkatkan pembangunan di Batubara.

“Kolaborasi dan inovasi melalui berbagi sektor UMKM, industri, pertanian, perikanan dan lainnya  mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat secara pesat, ini mewujudkan Kabupaten Batubara menjadi Kabupaten yang maju dan berkembang,”ujarnya.(red01)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.