Surveilans Penemuan Kasus TBC di LP

  • Bagikan
Foto: Dinas Kesehatan PPKB Kabupaten Batubara bersama BTKLPP Kelas 1 Medan saat sosialisasi Turbekulosis.(foto Dinkes PPKB Batubara)

BATUBARA.Ersyah.com l Dinas Kesehatan PPKB Kabupaten Batubara bersama Balai Teknik Kesehatan Lingkungan  Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Kelas I Medan melakukan pencegahan dan pengendalian penyakit TBC (Tuberkulosis).

Atau lebih dikenal TB penyakit paru akibat kuman Mycobacterium, di Puskesmas Labuhan Ruku dan Lembaga Permasyarakatan Kelas II A Labuhan Ruku, Kabupaten Batubara Sumatera Utara.

”TBC menular dari orang sakit ke orang yang sehat melalui percikan dahak saat penderita batuk ataupun bersin,”kata Kadinkes P2KB Batubara drg Wahid Khusairy MM,kepada ersyah.com, Senin (23/5/22).

Dijelaskan, tujuan kegiatan untuk pencegahan dan pengendalian serta memutus mata rantai penularan TBC. Selain itu diberikan himbauan dan pengertian kepada masyarakat apa itu TBC sebagai penyakit menular yang disebabkan kuman TBC yang menyerang saluran pernafadan / paru. Sasaran penyuluhan pemeriksaan dahak bagi suspek / orang terduga TBC sebanyak jumlah 100 orang yang diperiksa dahaknya 80 orang.

“Penderita TBC bisa sembuh jika berobat secara teratur selama 6 bulan dengan makan makanan yang bergizi, olahraga teratur, berjemur dipagi hari serta melakukan etika batuk yang baik dengan menutup mulut dengan pakai tissue,”terang Wahid.(Ambarita)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.