79 Calhaj Labura Berangkat Kloter 5 Besama Labuhan Batu

  • Bagikan
Foto: Bupati Labura Hendriyanto Sitorus SE MM bersama Wakil H Samsul Tanjung ST MH disela sela acara tempung tawar dan upah-upah 79 Calon jamaah haji.(foto. Diskominfo Labura)
iklan

LABURA.Ersyah.comPemerintah Kabupaten Labura tempung tawari dan upah-upah, 79 calon jamaah haji (Calhaj), Kamis (2/6/22) di Aula Ahmad Dewi Syukur, Kantor Bupati Labura, Sumatra Utara.

Bupati Labura Hendriyanto Sitorus SE MM menyampaikan, rasa syukur kepada Allah SWT atas terwujud keberangkatan calon jamaah haji Kabupaten Labura. Sebab sejak tahun 2020 pelaksanaan ibadah haji ditiadakan, akibat terjadinya pandemi covid-19 yang melanda dunia.

“Syukur Alhamdullah tahun ini Pemerintah Arab Suadi telah membuka pelaksaan ibadah haji walaupun kuotanya dikurangi,”katanya.

Hendriyanto menegaskan, tepung tawar dan upah-upah yang dibuat tidak ada kaitannya dengan ibadah haji maupun ibadah lainnya. Tepung tawar dan upah-upah, merupakan adat istiadat melayu yang lazim dilakukan masyarakat daerah.

“Para calon jamaah haji Labura akan dilepas berangkat di kloter 5 gelombang 1 bersama jemaah Kabupaten Labuhanbatu dan daerah lain, karena jumlah jemaah kita tidak cukup untuk satu kloter,”ujarnya.

Hendriyanto juga meingatkan para Calhaj agar menjaga kesehatan fisik, sebab menurut informasi data BMKG  pada musim haji tahun ini atau di bulan Juni 2022 suhu di Mekkah dan Madinah mencapai 38 sampai 42 derajat celcius. Untuk itu dianjurkan dalam menghadapi cuaca panas di tanah suci, sejak sekarang agar selalu makan makanan yang bergizi dan olahraga jalan kaki di siang hari. Ketika di tanah suci nanti harus banyak minum dan perbanyak konsumsi buah-buahan. Gunakan masker, payung, kaos kaki dan perlu banyak istirahat dan jangaan memaksakan diri untuk keluar mahtab atau hotel untuk hal-hal yang kurang perlu.

“Kami meminta kepada seluruh Calhaj mendoakan Kabupaten Labura yang sama kita cintai ini dalam lindungan Alllah SWT dan di jauhkan dari segala mara bahaya,”pesan Bupati Hendriyanto.

Kegiatan turut dihadiri, Wakil Bupati H Samsul Tanjung ST MH, Ketua TP PKK Ny dr Rama Dhona Hendriyanto Sitorus M.Ked(Ped),Sp.A, didampingi Ketua I Bidang Pembinaan Karater Keluarga  Ny dr Hj.Zuhriani Samsul Tanjung, Ketua DPRD, H.Indra Surya Bakti Simatupang SH MKn, Kakan Kemenag, Agus Priadi, Sekda, H. Muhammad Suib SPd MM, Kepala OPD dan Camat se Labura. (F.Sinaga)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.